PELAKSANAAN KEGIATAN PLT UNY 2017

Dianita Putri Utami, Dianita Putri Utami (2017) PELAKSANAAN KEGIATAN PLT UNY 2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Akuntansi_14803241043_Dianita Putri Utami.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kegiatan yang dialksanakan dengan tujuan untuk melatih kemampuan mahasiwa sebagai calon pendidik. Kegiatan PLT diharapkan dapat memberikan dampak yang bermakna, baik pada mahasiswa dalam rangka pengembangan kompetensinya, maupun kedaan sekolah, lembaga, klub, universitas, pemerintah daerah, maupun Dinas Pendidikan untuk meningkatkan dan mengembangkan tugas dan fungsinya masing-masing. Tujuan dari diadakanya PLT yaitu untuk mencetak calon pendidik yang berkompeten dan profesional. Pelaksanaan PLT bertempat di SMA Negeri 1 Sewon dengan mendapatkan dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 dengan total mengajar setiap minggunya adalah 8 jam dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran dengan satu jam pelajaran selama 45 menit. Praktikan mengajar mata pelajaran ekonomi. Sebelum terjun langsung kelapangan paraktikan telah melakukan persiapan sebelumnya yakni micro teaching, pembekalan PLT, observasi pembelajaran di kelas, dan pembuatan persiapan mengajar. Kegaitan PLT dimulai pada tanggal 15 September 2017-15 November 2017. Kegiatan PLT melaksanakan program-program yang sudah tertuang pada matriks praktikan, seperti melaksanakan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), praktik mengajar di kelas, mempelajari administrasi guru, bimbingan dengan guru pembimbing lapangan dan dosen pembimbing lapangan, serta penyusunan dan pelaksanaan evaluasi PLT. Pelaksanaan mengajar di kelas dimulai pada tanggal 11 Oktober 2017 sampai dengan tanggal 15 November 2017. Kegiatan PLT memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa praktikan dalam hal mengajar. Melalui PLT praktikan dapat mengetahui kondisi yang sebenarnya di lapangan, bagaimana kondisi peserta didik, bagaimana cara mengajar yang baik, dan bagaimana tugas seorang guru selain mengajar di dalam kelas. Diharapkan melalui kegiatan PLT ini praktikan mampu meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman faktual yang diperoleh dari kegiatan ini baik dalam hal pengembangan metode pembelajaran dan variasi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Institusi Pendidikan, Materi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jan 2018 04:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54790

Actions (login required)

View Item View Item