PENGEMBANGAN MODEL USAHA KULINER BERBASIS POTENSI PANGAN LOKAL PADA KELOMPOK PKK DI DESA BEJIHARJO, KECAMATAN KARANGMOJO, KABUPATEN GUNUNG KIDUL PROPINSI DIY

Yuriani, M.Pd. and Siti, Hamidah and Marwanti, M.Pd. (2017) PENGEMBANGAN MODEL USAHA KULINER BERBASIS POTENSI PANGAN LOKAL PADA KELOMPOK PKK DI DESA BEJIHARJO, KECAMATAN KARANGMOJO, KABUPATEN GUNUNG KIDUL PROPINSI DIY. Artikel Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2017.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model usaha kuliner berbasis potensi pangan lokal untuk 1) dihasilkanya rumusan usaha kuliner berbasis potensi pangan lokal yang dibutuhkan konsumen, 2) dihasilkanya resep standar pangan lokal untuk makanan, kudapan tradisional, dan minuman yang berbasis potensi pangan lokal, (3) dihasilkanya dukungan teknologi proses dan produk untuk menjaga mutu, 4) draft publikasi jurnal internasional dan paparan internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dari Borg and Gall yang diringkas menjadi 3 langkah yaitu 1) Studi Pendahuluan, 2) Pengembangan Model, 3) Pengujian model. Penemuan model pengembangan usaha kuliner berbasis potensi pangan lokal. Pengembangan resep standar menggunakan eksperimen. Menguji model pengembangan menggunakan eksperimen. Penelitian akan menghasilkan luaran berupa resep standar produk pangan lokal berbasis potensi lokal dengan dukungan teknologi proses dan produk. Hasil dari penelitian ini, 1) Pengembangan nasi pindul menjadi usaha makanan berbasis potensi pangan lokal sebagai ikon utama 2) Ditemukanya resep standar nasi pindul dua yaitu nasi putih dan singkong beserta makanan pelengkapnya (ikan, lele, megono dan ayam) dengan tingkat kepuasan konsumen sebesar 83,41%, konsumen lebih menyukai ayam sebagai makanan pendamping 3) Dukungan teknologi proses dan produk untuk menjaga mutu dengan memperhatikan kualitas bahan, ukuran,alat dan teknik pengolahan. 4) Publikasi draft jurnal internasional dan paparan internasional.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2017
Uncontrolled Keywords: usaha kuliner, potensi pangan lokal, PKK
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:40
Last Modified: 03 Jan 2018 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54779

Actions (login required)

View Item View Item