PENGEMBANGAN MODEL BUKU AJAR BAHASA INGGRIS SMA BERBASIS PENGINTEGRASIAN DIMENSI KEBAHASAAN DAN KESASTRAN UNTUK MENYEIMBANGKAN KECERDASAN INTELEKTUALDAN EMOSIONAL SISWA

Sugirin, Ph.D. and Kasiyan, M.Hum. and Siti, Sudartini, M.A. (2017) PENGEMBANGAN MODEL BUKU AJAR BAHASA INGGRIS SMA BERBASIS PENGINTEGRASIAN DIMENSI KEBAHASAAN DAN KESASTRAN UNTUK MENYEIMBANGKAN KECERDASAN INTELEKTUALDAN EMOSIONAL SISWA. Artikel Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2017.

[img]
Preview
Text
ABS.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paradigma atau kerangka berfikir baru terkait dengan pengembangan buku ajar bahasa Inggris di Indonesia yang tidak hanya berorientasi pada pengembangan pengetahuan kebahasaan namun juga kesastraan sehingga diharapkan dapat mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan secara seimbang antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional siswa. Secara keseluruhan tujuan penelitian tersebut dibagi dalamtiga tahun pelaksanaan. Pada tahun pertama telah berhasil diteliti dan teridentifikasi buku ajar yang digunakan dan model pengintegrasian kebahasaan dan kesastraan dalam buku ajar Bahasa Inggris yang digunakan di SMA. Khusus penelitian pada tahun kedua ini bertujuan untuk mengembangkan model buku ajar bahasa Inggris untuk SMA sebagaimana dimaksud. Metode dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development modelnya Gall, Gall, dan Borg (2003). Adapun langkah-langkah prosedurnya adalah: 1) Tahun pertama, yang telah dilakukan mencakup dua kegiatan besar, yakni studi pendahuluan (define) dan perancangan (design); 2) Tahun kedua, yang akan dilaksanakan, merupakan tahapan pengembangan (development), yakni pengembangan buku ajar; dan 3) Tahun ketiga, merupakan diseminasi implementasi hasil pengembangan buku ajar sebagaimana dimaksud. Adapun hasil atau target yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah terwujudnya kerangka berfikir baru dalam pengembangan buku ajar bahasa Inggris SMA yang berbasis pengintegrasian dimensi kebahasan dan kesastraan, yang diharapkan dapat mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan dimensi intelektualitas dan juga emosionalitas secara bersama-sama dan akseleratif, demi terwujudnya siswa sebagai manusia Indonesia yang ideal seutuhnya. Khusus penelitian tahun kedua, target yang akan dicapai adalah tersusunnya model buku ajar Bahasa Inggris untuk SMA khusunya untuk kelas X yang telah mengintegrasikan dimensi kebahasaan dan kesastraan. Kemudian, selain berupa laporan penelitian, hasil atau target luaran penelitian pada tahun kedua ini adalah: 1) publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi yakni Kritika Kultura, Department of English of the Ateneo de Manila University, Philippines (submitted) dan jurnal nasional terakreditasi yakni Jurnal Litera, FBS UNY; dan 2) makalah seminar nasional dan internasional.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2017
Uncontrolled Keywords: buku ajar bahasa Inggris, pengintegrasian, kebahasaan dan kesastraan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:19
Last Modified: 03 Jan 2018 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54775

Actions (login required)

View Item View Item