PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN BERMAIN TENIS LAPANGAN BERBASIS PENDEKATAN TEKNIK (TECHNICAL APPROACH) DAN PENDEKATAN TAKTIK (TACTICAL APPROACH) BAGI MAHASISWA FIK UNY

Ngatman, Soewito (2017) PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN BERMAIN TENIS LAPANGAN BERBASIS PENDEKATAN TEKNIK (TECHNICAL APPROACH) DAN PENDEKATAN TAKTIK (TACTICAL APPROACH) BAGI MAHASISWA FIK UNY. Artikel Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2017.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes keterampilan bermain tenis lapangan berbasis pendekatan teknik dan taktik yang sesuai/relevan dengan tingkat keterampilan mahasiswa FIK UNY sehingga tes yang dikembangkan memenuhi persyaratan sebagai instrumen penilaian yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian berjumlah 26 mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah tenis lapangan diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji validitas tes menggunakan Content Validitas Ratio (CVR). Reliabilitas tes menggunakan metode tes dan tes ulang (testretest) dan dianalisis menggunakan Korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dikembangkan/dihasilkan tes keterampilan bermain tenis bagi mahasiswa FIK UNY dengan reliabilitas tes keterampilan tenis lapangan berbasis pendekatan teknik melalui sport skill test dengan koefisien reliabilitas tes forehand groundstroke = 0,908, backhand groundstroke = 0,924, voli forehand = 0,933, voli backhand = 0,909, servis kanan = 0,900, servis kiri = 0,892. Telah dikembangkan validitas isi (content validity) melalui expert judgement tes keterampilan tenis berbasis pendekatan taktik (tactical approach) yang berisikan 4 faktor, indikator, serta deskriptor terpenting dalam permainan tenis yang terdiri dari: (a) mental bertanding/psikologi, (b) proses pelaksanaan pukulan/decision, (c) hasil pelaksanaan pukulan/execution, (d) sikap dan perilaku. Instrumen ini dapat dipergunakan oleh expert tenis sebagai pedoman pengamatan/observasi untuk menilai performance petenis pada saat bermain/bertanding tenis (pertandingan ½ kompetisi dengan sistem super tie break). Pengembangan tes keterampilan bermain tenis lapangan berbasis pendekatan teknik dan taktik telah diketemukan koefisien reliabilitas tinggi dan nilai validitas isi tinggi sehingga dapat dipergunakan untuk menilai tingkat keterampilan tenis mahasiswa FIK UNY.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2017
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 03 Jan 2018 01:29
Last Modified: 03 Jan 2018 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54762

Actions (login required)

View Item View Item