LAPORAN INIDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

CANDRA DEVI, ANJAS PUSPITA (2017) LAPORAN INIDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. 14803241055_ANJAS PUSPITA CANDRA DEVI_P.AKUNTANSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu lembaga pendidikan selalu mempertahankan dan mengembangakan fungsi untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan, sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan memberikan bekal kepada mahasiswa berupa serangkaian mata kuliah, salah satunya Praktik Pengalaman Lapangan (PLT). Tujuan utama dari kegiatan PLT untuk memberikan pengalaman dan pembelajaran kepada mahasiswa tentang bagaimana proses pembelajaran di sekolah, dalam rangka belajar dan mengembangkan kompetensi keguruan maupun kependidikan yang dimiliki. Praktik Pengalaman Lapangan (PLT) memiliki misi yaitu untuk melaksanakan praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan.Tempat yang menjadi lokasi PLT UNY 2017 adalah SMA Negeri 3 Bantul yang beralamat di Gaten, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta. Tahap pelaksanaan Magang III Terintegrasi dengan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yaitu 1) analisis situasi, 2) perumusan program, 3) pelaksanaan program, 4) analisis hasil, dan 5) pelaporan. Analisis situasi dilakukan untuk mengetahui baik keadaan fisik maupun nonfisik sekolah. Perumusan program dilakukan untuk merencanakan program dan kegiatan yang akan dilaksanaan selama Magang III Terintegrasi dengan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di sekolah. Analisis hasil dilakukan untuk membahas lebih dalam mengenai hasil praktik serta melakukan evaluasi. Pelaporan dilakukan sebagai bukti telah dilaksanakannya Magang III Terintegrasi dengan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) oleh mahasiswa praktikan. Hasil dari Magang III Terintegrasi dengan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini yaitu telah dilaksanakannya 1) penyusunan perangkat pembelajaran, praktik mengajar terbimbing dan mandiri dengan total enam belas kali, 3) penyusunan dan pengembangan alat evaluasi, 5) pengamatan administrasi guru, dan 6) pengembangan media.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jan 2018 00:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54750

Actions (login required)

View Item View Item