LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Restu Avialiska Sudarsito, Restu Avialiska Sudarsito (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PLT Restu Avialiska Sudarsito.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa kependidikan. PLT merupakan kesempatan bagi mahasiswa kependidikan sebagai kegiatan untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoritis yang diperoleh dalam perkuliahan. Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan juga mencari ilmu yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. PLT dilakukan untuk memperoleh pengalaman mengajar dan berbagai pengalaman dalam proses pembelajaran serta segala kegiatan di lingkungan sekolah yang berguna untuk bekal bagi calon tenaga pendidik (guru). SMA Negeri 2 Banguntapan yang terletak di Jalan Imogiri Timur, Glondong, Wirokerten, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan salah satu sekolah yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul. PLT di SMA Negeri 2 Banguntapan pada tahun 2017 ini berlangsung pada tanggal 15 September hingga 15 November 2017. Kegiatan PLT yang dilaksanakan terdiri dari persiapan, praktik mengajar dan pelaksanaan. Program kegiatan PLT memberikan pengalaman kepada mahasiswa praktikan dalam mengelola kelas serta mengembangkan potensi. Kegiatan PLT ini difokuskan pada kemampuan dalam mengajar seperti penyusunan rancangan pembelajaran, pelaksanaan praktik mengajar di kelas, yang kemudian menyusun dan menerapkan alat evaluasi, analisis hasil belajar peserta didik, serta penggunaan media pembelajaran. Hasil dari praktik mengajar yang telah dilaksanakan, diantaranya dalam pelaksanaan pembelajaran praktikan menggunakan beberapa metode yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab dan demonstrasi. Penggunaan metode tersebut sesuai dengan materi yang diajarkan. Dalam pelaksanaannya, metode yang banyak digunakan yaitu demostrasi, dan ceramah, sehingga dalam proses pembelajaran siswa sudah terlatih untuk aktif dalam menemukan konsep sendiri, meskipun di akhir pembelajaran guru tetap memberikan pemantapan konsep. Secara umum, hasil yang diperoleh mahasiswa dalam praktik PLT di sekolah yaitu mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman dalam hal keterampilan mengajar, pengelolaan waktu dalam mengajar, interaksi dengan peserta didik, dan pengelolaan kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Jan 2018 00:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54743

Actions (login required)

View Item View Item