PENGEMBANGAN MODEL PERKULIAHAN BERBASIS KOLABORATIF UNTUK PENINGKATAN SELF-EFFICACY DAN SIKAP POSITIF MAHASISWA PGSD TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF DI INDONESIA

Unik Ambarwati, M.Pd. and Sisca, Rahmadonna and Pujaningsih, Pujaningsih (2017) PENGEMBANGAN MODEL PERKULIAHAN BERBASIS KOLABORATIF UNTUK PENINGKATAN SELF-EFFICACY DAN SIKAP POSITIF MAHASISWA PGSD TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF DI INDONESIA. Artikel Penelitian Produk Terapan 2017.

[img]
Preview
Text
ABS.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan model perkuliahan berbasis kolaboratif yang dapat meningkatkan self-efficacy dan sikap positif mahasiswa PGSD terhadap pendidikan inklusif di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian multiyears yang direncanakan dilaksanakan selama tiga tahun. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD yang merupakan calon guru di masa depan akan pentingnya self-efficacy dan sikap positif terhadap pendidikan inklusi. Secara khusus penelitian ini bertujuan a) melakukan kajian literatur/studi literer mengenai model-model pendidikan guru yang sudah dikembangkan dan diteliti, b) Mengindentifikasi kelemahan kompetensi guru di sekolah inklusi saat ini, c) mengidentifikasi harapan, faktor pendukung penerapan model pendidikan guru yang mendukung pendidikan inklusif, d) merancang draft perkuliahan kolaboratif berupa modul Model penelitian yang digunakan dalam keseluruhan penelitian ini adalah Research and Developmet (R & D). Subjek penelitian adalah guru-guru jenjang SD yang mengajar di sekolah inklusif dan mahasiswa PGSD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, yang didukung focus group discussion (FGD) serta buku catatan lapangan/logbook. Data yang diperoleh dalam penelitian ini akan dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1. Pemahaman guru terhadap karakteristik dan strategi penanganan ABK membutuhkan bantuan ahli ; 2. Hasil penilaian skala keyakinan guru diketahui bahwa guru masih ragu menangani ABK 3. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa guru telah memiliki sikap positif dalam menangani ABK ; 4. Draft perangkat perkuliahan kolaboratif pada mata kuliah strategi pembelajaran SD.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Produk Terapan 2017
Uncontrolled Keywords: model perkulihan, kolaboratif, self efficacy, sikap positif, dan pendidikan inklusif
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 08:21
Last Modified: 02 Jan 2018 08:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54736

Actions (login required)

View Item View Item