PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN NILAI AFEKTIF KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK DI SEKOLAH DASAR

Sugeng, Purwanto and Drs. AM. Bandi, Utama, M.Pd. (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN NILAI AFEKTIF KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK DI SEKOLAH DASAR. Artikel Penelitian Produk Terapan 2017.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis karakter untuk meningkatkan nilai-nilai afektif, kognitif, dan psikomotorik di sekolah dasar. Tujuan khusus yang ingin dicapai pada tahun pertama penelitian adalah mengidentifikasi kompetensi pedagogik, tingkat pemahaman guru, gambaran muatan karakter dalam pembelajaran dan nilai-nilai karakter pembelajaran pendidikan jasmani. Desain penelitian menggunakan penelitian deskriptif yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixing). Metode pengumpulan data kualitatif yang dipergunakan adalah metode triangulasi data yang terdiri dari: (1) Analisis dokumen Rencana Program Pembelajaran (RPP), (2) In-depth interview pada guru Penjas, (3) Observasi Sit in Class. Data yang diperoleh dari penelitian ini seperti hasil analisis dokumen, hasil pengamatan, hasil wawancara, dianalisis oleh peneliti kemudian hasil analisis berupa pemaparan situasi yang diteliti diuraikan dalam bentuk uraian naratif. Sampel diambil secara purposive random sampling sebanyak 60 guru Penjas dan sampel observasi sit in class pada 7 sekolah dasar pilihan. Hasil penelitian berupa teridentifikasinya data kebutuhan guru dan siswa terhadap program pembelajaran pendidikan jasmani berbasis karakter. Dengan demikian dari ketiga tahapan pembelajaran: Persiapan, Pelaksanaan, dan Evaluasi, diketahui bahwa pada tahap Persiapan guru mampu menyusun RPP yang bermuatan nilai-nilai karakter namun pada tahap Pelaksanaan dan Evaluasi, guru belum mampu mengaplikasikan nilai-nilai karakter. Dari ketiga ranah pendidikan jasmani ternyata ranah psikomotorik sangat dominan dan ranah afektif yang merupakan inti dari nilainilai karakter tidak muncul. Hasil penelitian ini juga menghasilkan Modul Pendidikan Jasmani Karakter sebagai pegangan pembelajaran guru.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Produk Terapan 2017
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani, karakter, sekolah dasar
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 08:09
Last Modified: 02 Jan 2018 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54731

Actions (login required)

View Item View Item