MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KULTUR SEKOLAH SECARA HOLISTIK UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI REVISI KURIKULUM 2013 DI SMK

Raharjo, Nuryadin Eko and Jaedun, Amat and Hariyanto, V. Lilik (2017) MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KULTUR SEKOLAH SECARA HOLISTIK UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI REVISI KURIKULUM 2013 DI SMK. Artikel Penelitian Produk Terapan 2017.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menemukan model pendidikan karakter berbasis kultur sekolah untuk mendukung implementasi revisi kurikulum 2013, (2) memperoleh hasil uji validasi empirik terhadap model pendidikan karakter berbasis kultur sekolah untuk mendukung implementasi revisi kurikulum 2013, (3) menghasilkan perangkat panduan penerapan model pendidikan karakter berbasis kultur sekolah yang telah mempunyai validitas empirik untuk mendukung implementasi revisi kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Tempat penelitian ini mencakup: (1) SMKN 2 Yogyakarta, (2) SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (3) SMKN 1 Sanden, (4) SMKN 3 Kasihan, (5) SMKN 4 Yogyakarta, dan (6) SMK Pangudi Luhur Muntilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen.Beberapa standar untuk menjaga keabsahan data adalah: standar kredibilitas, standar transferabilitas, standar dependabilitas, dan standar konfirmabilitas. Dalam pengumpulan data, prinsip yang ditekankan yakni: (a) prinsip emik dan etik, (b) prinsip holistik, dan (c) prinsip kekonsistenan. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) model pendidikan karakter berbasis kultur sekolah untuk mendukung implementasi revisi kurikulum 2013 dapat dilaksanakan melalui kultur sekolah dalam dimensi verbal/konseptual, tingkah laku/behavioral dan fisik/material, (2) model hasil penelitian ini telah teruji validitasnya secara empirik, (3) model tersebut telah dilengkapi dengan perangkat panduan untuk mempermudah penerapan di SMK.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Produk Terapan 2017
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, kultur sekolah, revisi kurikulum 2013
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 07:35
Last Modified: 16 Oct 2019 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54722

Actions (login required)

View Item View Item