PANDUAN PENGEMBANGAN TEMA PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA UNTUK GURU TAMAN KANAK-KANAK

Ika Budi Maryatun, M.Pd and Joko Pamungkas, M.Pd. and Martha, Christianti (2017) PANDUAN PENGEMBANGAN TEMA PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA UNTUK GURU TAMAN KANAK-KANAK. Artikel Penelitian Produk Terapan 2017.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tahun pertama dari dua tahun yang direncanakan dengan tujuan menghasilkan panduan pengembangan tema pembelajaran berbasis budaya untuk guru TK. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Data diolah secara kualitatif, baik data hasil wawancara maupun data angket. Hasil penelitian awal diperoleh data bahwa 6 guru dari 70 sampel guru PAUD (8,5 %) pernah mengembangkan tema pembelajaran di kelasnya. Satu orang guru dari 6 pernah mengangkat topik budaya sebagai tema, yaitu Sekaten. Guru tidak mengembangkan sendiri tema di kelasnya karena (1) kurangnya pengetahuan tentang topik budaya, (2) tidak adanya pelatihan khusus untuk mengembangkan tema berbasis budaya, (3) terbatasnya biaya dan peralatan sumber belajar yang mendukung, (4) menganggap anak tidak memerlukan pembahasan materi yang mendalam tentang budaya karena sudah sering dijumpai disekitar anak, dan (5) kesulitan dalam mengembangkan rencana pembelajaran berbasis budaya untuk anak dalam bentuk rancangan harian. Panduan disusun mecakup tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Budaya yang digunakan adalah tiga wujud budaya dan tujuh unsur budaya yang dapat diangkat menjadi tema pembelajaran.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Produk Terapan 2017
Uncontrolled Keywords: pengembangan tema pembelajaran, budaya, taman kanak-kanak
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 08 Jan 2018 07:37
Last Modified: 08 Jan 2018 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54719

Actions (login required)

View Item View Item