PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KARAOKE INTERAKTIF ANAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK USIA DINI

Estu Miyarso, M.Pd and Rina Wulandari, S.Pd. and Ariyawan Agung, Nugroho (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KARAOKE INTERAKTIF ANAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK USIA DINI. Artikel Penelitian Produk Terapan 2017.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui efektivitas multimedia karaoke interaktif anak dalam meningkatkan kemampuan komunikasi verbal berupa mengenal tulisan (huruf dan angka) bagi pendidikan anak usia dini. 2) mengetahui signifikansi perbedaan kemampuan anak-anak mengenal tulisan antara mereka yang menerapkan multimedia karaoke interaktif dalam pembelajarannya dengan yang tidak menerapkan multimedia karaoke interaktif tersebut. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development multi years. Subjek dan lokasi penelitian ini yaitu anak-anak TK Kelas B1 dan B2 PAUD Pedagogia Bantul Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pada tahun ketiga atau terakhir ini menggunakan metode penelitian true eksperimen dengan teknik pengumpulan datanya yaitu: angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai yaitu menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) produk multimedia karaoke interaktif anak efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi verbal dalam bentuk mengenal tulisan bagi anak usia dini. Hal ini ditunjukan dengan skor perbandingan antara kemampuan anak dalam mengenal tulisan awal dan akhir to sebesar 10,571 dengan to < tt 5% yaitu 10,571 > 2,048 artinya kemampuan mengenal tulisan awal dan akhir untuk kelompok eksperimen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. 2) Ada perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi verbal anak dalam bentuk mengenal tulisan, antara mereka yang menerapkan multimedia karaoke interaktif dengan yang tidak menerapkan multimedia karaoke interaktif dalam pembelajarannya. Hal ini ditunjukkan dengan skor perbandingan antara kemampuan mengenal tulisan awal antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh to sebesar 0,343, to < tt 5% yaitu 0,343 < 2,048 yang berarti tidak adanya perbedaan yang signifikan atau berangkat dari titik tolak yang sama. Adapun skor perbandingan antara kemampuan mengenal tulisan akhir antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh to sebesar 2,356. Hal ini berarti to < tt 5% yaitu 2,356 > 2,048. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal tulisan akhir antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Produk Terapan 2017
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia Karaoke Interaktif Anak, Kemampuan Komunikasi Verbal, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 07:16
Last Modified: 02 Jan 2018 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54715

Actions (login required)

View Item View Item