PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING “CHEM EDU” BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUPLEMEN MATERI KIMIA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN ACADEMIC PERFORMANCE PESERTA DIDIK SMA/MA

Sugiyarto, Sugiyarto and Jaslin, Ikhsan and Wiyarsi, Antuni (2017) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING “CHEM EDU” BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUPLEMEN MATERI KIMIA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN ACADEMIC PERFORMANCE PESERTA DIDIK SMA/MA. Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana 2017.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Chemistry on Adroid (chemondro) dalam hybrid learning termediasi video conference terhadap peningkatan academic performance peserta didik SMA/MA yang berupa self regulated learning, self-efficacy, dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasy experiment dengan rancangan posttest only design dengan melibatkan tiga group; group eksperimen menggunakan hybrid learning termediasi video conference dan chemondro, pembanding 1 menggunakan hybrid learning termediasi video conference saja, dan pembanding 2 menggunakan chemondro saja. Penelitian dilakukan di SMA/MA Provinsi DIY dan Jawa Tengah. Academic performance diakses secara otentik, dimana data self regulated learning dan self-efficacy dikumpulkan menggunakan angket dengan self regulated learning diobservasi selama proses pembelajaran sebagai data pendukung, sedangkan prestasi belajar diukur dengan menggunakan soal tes. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif, sedangkan academic performance peserta didik antara kelas eksperimen dan pembanding diuji secara statistik dengan MANOVA. Penelitian ini sudah dilaksanakan oleh tiga orang peneliti yaitu pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, koloid, dan hidrokarbon. Satu orang peneliti akan melaksanakan penelitian di bulan November dengan materi kesetimbangan kimia. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh hybrid learning termediasi video conference dan chemondro terhadap academic performance peserta didik.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Hibah Pascasarjana 2017
Uncontrolled Keywords: hybrid learning, video conferenc, chemondro, self regulated learning, self efficacy, prestsi belajar
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 06:25
Last Modified: 03 Oct 2019 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54703

Actions (login required)

View Item View Item