PENGEMBANGAN INDIKATOR SEKOLAH YANG RESPONSIF GENDER

Marwanti, M.Pd. and Sri, Wening and Wagiran, Dr. (2017) PENGEMBANGAN INDIKATOR SEKOLAH YANG RESPONSIF GENDER. Artikel Penelitian Institusional 2017.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Isu gender adalah suatu isu ketidakadilan, kesenjangan atau ketimpangan terhadap laki-laki atau perempuan, yang bersifat sistemik, yang mendesak diselesaikan. Kesejangan gender terjadi dalam berbagai bidang pendidikan, karena minimnya pengetahuan warga sekolah tentang permasalahan gender. Tujuan penelitian ini untuk (1) mempelajari bagaimana sekolah responsive gender diterapkan di sekolah, dan (2) mengembangkan indikator-indikator sekolah yang responsive gender sehingga menjadi acuan bagi guru dan sekolah untuk mengimplementasikanya di sekolah. Metode penelitian menggunakan research & development. Subjek penelitian adalah para pemerhati masalah gender, dan guru. Teknik pengumpulan data melalui kunjungan lapangan, wawancara, dan focus group discussion. Validasi menggunakan ekspert judgment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sekolah yang responsive gender menunjukan 3 komponen penting, yaitu komponen leadership yaitu peran kepala sekolah, komponen guru yaitu wawasan dan pemahaman guru tentang konsep gender, dan sarana prasarana untuk mendukung implementasi pengarus utamaan gender dalam aktivitas di sekolah. (2) Indikator-indikator yang dikembangkan menuju sekolah responsive gender adalah mengacu pada delapan standar pendidikan nasional pendidikan yaitu kompetensi lulusan, isi, proses, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan standar penilaian. Masing-masing standar tersebut selanjutnya dikembangkan menjadi 56 butir item yang divalidasi.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Institusional 2017
Uncontrolled Keywords: Sekolah , gender, standar nasional pendidikan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 06:04
Last Modified: 02 Jan 2018 06:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54696

Actions (login required)

View Item View Item