Rahayu Condro, Murti, M.Si. (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERKULIAHAN PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA UNTUK MAHASISWA PGSD. Artikel Penelitian Disertasi Dokter 2017.
|
Text
abstrak utk semnas.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan bahan ajar pada perkuliahan Pendidikan Matematika SD berbasis budaya untuk mahasiswa PGSD ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar sebagai salah satu sumber belajar bagi mahasiswa PGSD dalam mempersiapkan pembelajaran matematika berbasis budaya di sekolah dasar. Pendekatan penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg dan Gall (1979). Model pengembangannya dibagi menjadi 10 langkah;1) penelitian pendahuluan 2) menyusun rencana draft bahan ajar, 3) mengembangkan draft bahan ajar, 4) validasi ahli 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan terbatas pada mahasiswa PGSD dari UNY, UPY, dan UAD @ 10 mahasiswa, 7) revisi 8) uji coba lapangan lebih luas pada mahasiswa PGSD UNY, UPY, dan UAD sebanyak 6 kelas, 9) revisi akhir, serta 10) diseminasi dan publikasi produk bahan ajar. Hasil analisis kebutuhan, menunjukkan bahan ajar disusun dengan memperbanyak contoh pembelajaran matematika pada aspek nilai dan artefak. Bahan ajar dinyatakan layak diujicobakan berdasarkan hasil validasi 3 ahli, ahli materi, ahli budaya, dan ahli media. Adapun hasil ujicoba keterbacaan bahan ajar lapangan terbatas adalah 3,58 dan 3,397 pada lapangan lebih luas, berarti dalam kategori baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Laporan Hasil Penelitian Disertasi Dokter 2017 |
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar pendidikan matematika SD dan Budaya |
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Depositing User: | LPPM UNY |
Date Deposited: | 02 Jan 2018 04:38 |
Last Modified: | 02 Jan 2018 04:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54688 |
Actions (login required)
View Item |