DEVELOPING SCHOOL RESILIENCE FOR DISASTER MITIGATION: COMPARATIVE STUDY IN INDONESIAN AND JAPANESE SCHOOLS

Siti Irene, Astuti Dwiningrum and Retna, Hidayah, S.T., M.T., Ph.D. and Suwarjo , Dr., M.Si, . and Puji, Yanti Dr. M.Pd. (2017) DEVELOPING SCHOOL RESILIENCE FOR DISASTER MITIGATION: COMPARATIVE STUDY IN INDONESIAN AND JAPANESE SCHOOLS. Artikel Penelitian Kerjasama Internasional antar PT 2017.

[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia 2017-1.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Resiliensi sekolah dibutuhkan untuk mitigasi bencana. Pada tahun pertama, penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan profil resliensi sekolah dari perspektif guru di Indonesia dan Jepang; dan 2) untuk menggambarkan perbedaan dan kesamaan resiliensi sekolah di Indonesia dan Jepang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kombinasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode campuran diharapkan diperoleh data yang komprehensif. Penelitian dilakukan di SMA "X" Yogyakarta di Indonesia dan dan SMA "X" Fukuyama di Jepang. Subjek adalah guru yang berada di daerah rawan bencana. Hasil penelitian menggambarkan perbedaan dan kesamaan resiliensi sekolah terhadap enam aspek yang berkaitan dengan resiliensi sekolah .(1) increase bonding, (2) set clear and consistent boundaries, (3) teach life skills, (4) provide caring and support, (5) set and communicate high expectations, and (6) provide opportunities for meaningful participation merupakan aspek penting dalam membangun resiliensi sekolah untuk mitigasi bencana. Berdasarkan perhitungan rata-rata enam aspek resiliensi sekolah, hasilnya rata-rata resiliensi sekolah di Jepang adalah 17,08 (lower score = positive resilience builliding), dan nilai rata-rata resiliensi sekolah di Indonesia adalah 20,14 (high score = a need for improvement ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sekolah di Jepang sudah memiliki aspek yang cukup besar dalam membangun resiliensi sekolah, sedangkan sekolah di Indonesia masih perlu perbaikan, karena hanya satu aspek yang dianggap memadai yaitu mengajarkan kecakapan hidup (teach life skills)

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Penelitian Kerjasama Internasional antar PT 2017
Uncontrolled Keywords: mitigasi bencana, ketahanan sekolah
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 03:54
Last Modified: 02 Jan 2018 03:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54673

Actions (login required)

View Item View Item