Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA (Integrated Science) Bermuatan Pedagogy For Sustainability Untuk Menumbuhkan Enviromental Literacy Siswa SMP dalam Membentuk Sikap Peduli Terhadap Lingkungan

Susilowati, Susilowati and Insih, Wilujeng and Purwanti Widhy H, M.Pd, - (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA (Integrated Science) Bermuatan Pedagogy For Sustainability Untuk Menumbuhkan Enviromental Literacy Siswa SMP dalam Membentuk Sikap Peduli Terhadap Lingkungan. Artikel Penelitian Pendidikan Karakter 2017.

[img] Text
abstrak.docx

Download (15kB)

Abstract

Sikap dan tindakan ke arah literasi lingkungan dapat ditanamkan melalui pengembangan pembelajaran yang bermuatan pedagogy for sustainability yang menekankan pada kegiatan mencari informasi, menggali, mendiskusikan, menyelidiki, merencanakan tindakan yang bermanfaat bagi lingkungan dan tidak berdampak negatif pada generasi mendatang. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah penanaman dan pembiasaan karakter peduli terhadap lingkungan yang tumbuh melalui pembelajaran bermuatan pedagogy for sustainability. Tujuan penelitian ini adalah 1) menemukan karakteristik perangkat pembelajaran yang bermuatan pedagogy for sustainability yang dikembangkan untuk menumbuhkan literasi lingkungan, 2) menghasilkan perangkat pembelajaran bermuatan pedagogy for sustainability yang sudah divalidasi ahli dan layak diujicobakan di sekolah. Untuk mengembangkan produk perangkat pembelajaran tersebut, digunakan desain penelitian pengembangan (Research and Development) mengacu model Borg dan Gall (1983: 775). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian produk perangkat pembelajaran bermuatan pedagogy for sustainability (RPP, LKS, instrumen penilaian), observasi literasi lingkungan, tes literasi lingkungan dan angket untuk mengetahui sikap dalam literasi lingkungan. Data akan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berhasil mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berbasis pedagogy for sustainability yang sudah divalidasi ahli dengan kategori sangat baik. Perangkat yang dikembangkan memiliki karakteristik yang bermuatan pedagogy for sustainability dan potensi menumbuhkan literasi lingkungan (environmental literacy). Komponen pedagogy for sustainability yang terdapat dalam perangkat pembelajaran antara lain: (1) system thinking and understanding of interconnectedness, (2) longterm, foresighted reasoning, and strategizing, (3) stakeholder engangement and group collaboration, (4) action orientation and change-agent skills.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Pendidikan Karakter 2017
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran IPA, pedagogy for sustainability, environmenta literacy
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 08 Jan 2018 07:36
Last Modified: 08 Jan 2018 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54668

Actions (login required)

View Item View Item