REKONSTRUKSI BAHAN AJAR KURIKULUM 2013 BERMUATAN NATURE OF SCIENCE (NOS) UNTUK OPTIMALISASI KETERAMPILAN BERPIKIR DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK SEBAGAI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP

Joko, Sudomo, M.A and Zuhdan Kun Prasetyo, Zuhdan and Purwanti Widhy H, M.Pd, - and Putri, Anjarsari, S.Si., M.Pd (2017) REKONSTRUKSI BAHAN AJAR KURIKULUM 2013 BERMUATAN NATURE OF SCIENCE (NOS) UNTUK OPTIMALISASI KETERAMPILAN BERPIKIR DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK SEBAGAI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP. Artikel Penelitian Pendidikan Karakter 2017.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan produk hasil rekonstruksi bahan ajar kurikulum 2013 bermuatan NOS untuk mengoptimalkan keterampilan berpikir dan sikap ilmiah peserta didik SMP. Kevalidan didasarkan pada penilaian dari validator ahli dan praktisi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi dari Model of Educational Reconstruction (MER) oleh Niebert dan Gropengieser (2013) dengan ciri adanya analisis awal konsep materi dari peserta didik maupun saintis sebelum pengembangan bahan ajar dilakukan. Penelitian diawali dengan menganalisis konsepsi saintis tentang materi yang akan dikembangkan dalam bahan ajar, dilanjutkan dengan analisis prekonsepsi peserta didik pada materi yang sama. Analisis konsepsi sainstis dan prekonsepsi peserta didik dilakukan melalui penelusuran jurnal yang memuat miskonsepsi peserta didik SMP pada materi IPA yang sering terjadi. Tahap berikutnya adalah melakukan desain dan evaluasi produk melalui pengembangan draft bahan ajar sehingga dihasilkan bahan ajar dengan ciri utama adanya penekanan pada keterampilan berpikir yang mampu memunculkan sikap ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid menurut validator ahli dan praktisi dengan nilai sangat baik. Validator menyatakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah menekankan pada keterampilan berpikir dan sikap ilmiah. Sikap ilmiah tersebut akan terinternalisasi dalam diri peserta didik menjadi karakter. Oleh karena itu, melalui penelitian ini terwujud bahan ajar kurikulum 2013 bermuatan Nature Of Science (NOS) untuk optimalisasi keterampilan berpikir dan sikap ilmiah peserta didik sebagai implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA SMP.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Pendidikan Karakter 2017
Uncontrolled Keywords: rekonstruksi, nature of science, NOS, keterampilan berpikir,sikap ilmiah
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 03:20
Last Modified: 02 Jan 2018 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54660

Actions (login required)

View Item View Item