JURNAL KEPRIBADIAN SEBAGAI STRATEGI INTERNALISASI PROPERTI KARAKTER JAWA-YOGYAKARTA

Tadkiroatun, Musfiroh, Dr., S.Pd., M.Hum. and Ahmad, Wahyudin and Sudiyono, Drs. M.Si (2017) JURNAL KEPRIBADIAN SEBAGAI STRATEGI INTERNALISASI PROPERTI KARAKTER JAWA-YOGYAKARTA. Artikel Penelitian Pendidikan Karakter 2017.

[img]
Preview
Text
ABS.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter baik bersifat lokal, nasional, maupun internasional, perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak (Miller, Kraus, Veltkamp, 2005). Salah satunya adalah Karakter Jawa-Yogya, yakni karakter yang bersumber dari budaya adi luhung, artefak, dan falsafah hidup masyarakat Yogyakarta, terdiri dari 5 karakter utama dan 33 propertinya (karakter pembentuk) (Musfiroh, 2016). Agar terejawantah dalam perilaku, karakter Jawa-Yogya juga perlu diinternalisasikan melalui proses transformasi, transaksi, dan trans-internalisasi (Mulyasa, 2012: 167). Proses tersebut perlu diimplementasikan di lembaga yang dapat didesain fleksibel. Penelitian ini didesain secara mix method, yakni dengan menggabungkan metode kauntitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif didesan dengan eksperimen quasi, pre-test and post-test design. Metode kualitatif didesain dengan deskriptif kualitatif. Mix method berfungsi sebagai trianggulasi. Tujuan umum penelitian ini adalah menginternalisasikan nilai-nilai yang terdapat pada 33 properti karakter Jawa-Yogyakarta dengan strategi Jurnal karakter (personality journal). Tujuan khusus penelitian adalah mengetahui efektivitas jurnal karakter sebagai strategi internalisasi 33 properti karakter Jawa-Yogyakarta, mengetahui pemahaman mahasiswa terhafap materi karakter, dan mengetahui sikap mahasiswa selama proses transaksi dan trans-internaliasi. Perlakuan dilakukan selama dua bulan dan diberikan dalam tiga level internalisasi. Subjek penelitian berjumlah 66 mahasiswa. Data penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa skor pretest-posttest, skor tes hasil belajar, dan tes sikap. Data kualitatif berupa catatan hasil pengamatan terhadap perilaku, jurnal, dan proses belajar. Pengambilan data dilakukan dengan tes kasus karakter, tes hasil belajar, tes sikap, dan observasi. Instrumen penelitian lembar tes kasus, lembar tes hasil belajar, lembar tes sikap, pedoman pengamatan. Hasil tes pemahaman yang diujikan dengan bentuk soal pilihan ganda menunjukkan bahwa 68% mahasiswa sebagai subjek penelitian mampu memahami secara umum materi tentang komponen karakter utama Jawa-Yogyakarta. Subjek mampu menginternalisasikan dan mengimplementasikan karakter-karakter utama Jawa-Yogyakarta beserta properti-propertinya. Hasil analisis deskriptif dan ujit-t dengan program SPSS dapat diinterpretasikan bahwa kegiatan dengan strategi jurnal karakter mampu meningkatkan skor variabel bijaksana, alus, lantip, mandiri, dan jujur. Nilai t-hitung karakter bijaksana adalah -5,226, karakter alus adalah 3,526, karakter lantip adalah -4,599, karakter mandiri adalah -3,937, dan karakter jujur adalah -3,389. Nilai tersebut dibandingkan dengan nilai t-tabel 2,000 pada taraf signifikansi 5% dan db 62, maka t-hitung semua karakter utama tersebut lebih besar daripada t-tabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan masingmasing skor karakter utama tersebut.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Pendidikan Karakter 2017
Uncontrolled Keywords: jurnal karakter, internalisasi, properti karakter, karakter Jawa-Yogyakarta
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 03:16
Last Modified: 02 Jan 2018 03:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54659

Actions (login required)

View Item View Item