MODEL INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA DALAM PERKULIAHAN DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

Christina Ismaniati, DR., M.Pd and C. Asri Budiningsih, Dr. and Dian, Wahyuningsih (2017) MODEL INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA DALAM PERKULIAHAN DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN. Artikel Penelitian Pendidikan Karakter 2017.

[img]
Preview
Text
ABS.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang: 1) pendapat dosen dan mahasiswa akan pentingnya integrasi nilai-nilai karakter dalam perkuliahan, 2) nilai-nilai karakter yang dikembangkan, (3) strategi dan/atau model pembelajaran yang digunakan, (4) RPS dosen dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter, 5) faktor pendukung dan penghambat dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter. Penelitian deskriptif ini dilaksanakan di FIP UNY dengan sampel dosen dan mahasiswa yang diambil secara purposive rambang berstrata. Metode pengumpulan data menggunakan angket, pengamatan, dan dokumentasi yang dinalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pengintegrasian nilai-nilai karakter penting dilakukan oleh seluruh sivitas akademika melalui modeling dosen dan pimpinan. 2) nilai-nilai karakter yang dominan dikembangkan adalah jujur, kerja sama, tanggung jawab, disiplin, kreatif dan taqwa, 3) strategi dan/atau model pembelajaran yang banyak digunakan adalah pemberian tugas, diskusi dan problem based learning (PBL), 4) di dalam RPS ada kecenderungan capaian pembelajaran (CP) sikap yaitu tanggung- jawab, mandiri dan bekerja sama, CP pengetahuan pada memahami, menerapkan dan menganalisis, CP ketrampilan pada mempraktikkan dan berfikir kritis. Metode pembelajaran cenderung menggunakan ekspositori, diskusi, tanya-jawab dan penugasan, evaluasi belajar banyak menggunakan pengamatan, kuis (tes tulis), portofolio serta tes lisan, 5) faktor pendukung adalah komitmen mahasiswa, dosen sebagai model dan visi misi serta dukungan lembaga. Penghambatnya adalah belum semua dosen memahami (kurang ada sosialisasi), kerja sama seluruh komunitas lemah, serta kurangnya konsistensi peraturan yang berlaku.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Pendidikan Karakter 2017
Uncontrolled Keywords: nilai karakter, integrasi, perkuliahan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 03:10
Last Modified: 02 Jan 2018 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54658

Actions (login required)

View Item View Item