KEEFEKTIVAN MODUL MEMBACA SASTRA BERWAWASAN EKOLITERASI DALAM PERKULIAHAN MEMBACA SASTRA BAGI MAHASISWA JURUSAN PBSI FBS UNY

Else Liliani, M.Hum. and Dwi, Budiyanto, M.Hum. (2017) KEEFEKTIVAN MODUL MEMBACA SASTRA BERWAWASAN EKOLITERASI DALAM PERKULIAHAN MEMBACA SASTRA BAGI MAHASISWA JURUSAN PBSI FBS UNY. Artikel Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu 2017.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas modul Membaca Sastra Berwawasan Ekoliterasi dalam perkuliahan Membaca Sastra berwawasan ekokritik bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNY. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Analisis uji-t data posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh thitung sebesar dan 2,100 dan p sebesar 0,043 (p<0,05). Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 11, 264 dan p sebesar 0,000 (p<0,05). Berdasarkan analisis tersebut, kesimpulan penelitian adalah: (1) ada perbedaan pemahaman ekoliterasi yang signifikan antara mahasiswa yang diajar dengan menggunakan modul Membaca Sastra Berwawasan Ekoliterasi dengan mahasiswa yang tidak diajar dengan menggunakan modul; (2) Modul Membaca Sastra Berwawasan Ekoliterasi efektif untuk meningkatkan pemahaman ekoliterasi dalam kegiatan membaca sastra bagi mahasiswa.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu 2017
Uncontrolled Keywords: modul Membaca Sastra, keefektivan, pemahaman ekoliterasi
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 01:30
Last Modified: 02 Jan 2018 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54644

Actions (login required)

View Item View Item