STUDI FENOMENOLOGI PENGALAMAN DAN MAKNA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH INKLUSI

Caly, Setiawan and Herka Maya, Jatmika and Nur, Azizah (2017) STUDI FENOMENOLOGI PENGALAMAN DAN MAKNA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH INKLUSI. Artikel Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu 2017.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Konsep dan ide tentang pendidikan inklusi masih relatif baru di dunia pendidikan Indonesia. Inilah yang kemudian menjadi salah satu faktor terbatasnya informasi ilmiah mengenai pendidikan inklusi dalam literatur pendidikan Indonesia, termasuk salah satunya adalah pendidikan jasmani. Agenda penelitian mendesak untuk dilakukan dalam rangka memahami pendidikan jasmani dalam konteks sekolah inklusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengalaman guru dalam mengajar pendidikan jasmani berikut makna yang dilekatkan pada pengalaman tersebut. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi. Partisipan penelitian adalah 12 guru pendidikan jasmani yang mengajar di sekolah inklusi di Yogyakarta. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara mendalam dan wawancara dengan teknik photo-elicitation. Hasil wawancara direkam dalam alat perekam digital dan ditranskrip untuk keperluan analisis. Obsevasi juga dilakukan untuk keperluan pengumpulan data sekunder dan triangulasi. Sedangkan analisis data menggunakan prosedur yang direkomendasikan dalam pendekatan penelitian fenomenologi, yakni horizonalisasi, diskripsi tekstural dan struktural, diskripsi esensi makna. Hasil penelitian menyajikan deskripsi textural, struktural, dan esensi makna pengalaman guru. Deskripsi tekstural menggambarkan bahwa pengalaman pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah inklusi meliputi (1) peran pengetahuan dan keterampilan awal, (2) pendekatan pedagogi inklusif, (3) pembelajaran terhadap ragam tipe disabilitas, dan (4) faktor penghambat dan pendukung pembelajaran pendidikan jasmani yang inklusif. Deskripsi struktural memaparkan setting dan konteks di mana pembelajaran tersebut berlangsung. Sedangkan esensi pengalaman digali dari makna yang dilekatkan oleh partisipan atas pengalaman mereka yang mencakup makna tentang (1) inklusi, (2) pendidikan jasmani inklusif, dan (3) pembelajaran pendidikan jasmani yang inklusif.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu 2017
Uncontrolled Keywords: fenomenologi, pendidikan jasmani, inklusi
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Jan 2018 01:21
Last Modified: 02 Jan 2018 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54642

Actions (login required)

View Item View Item