LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) PERIODE 15 SEPTEMBER – 15 NOVEMBER 2017

Mirah Cantika, Mirah Cantika (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) PERIODE 15 SEPTEMBER – 15 NOVEMBER 2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14413241056_MIRAH CANTIKA_PEND SOSIOLOGI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PLT adalah Praktik Lapangan Terbimbing merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dari berbagai jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Di dalam kegiatan tersebut terdapat dua kegiatan mengajar yaitu mengajar terbimbing dan mengajar mandiri. Mengajar terbimbing artinya kegiatan mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa PLT dengan kemampuan mengajar secara utuh dan terintegrasi pada mata pelajaran-mata pelajaran tertentu dengan bimbingan guru pembimbing di sekolah/lembaga mitra sedangkan mengajar mandiri yaitu kegiatan mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa PLT dengan kemampuan mengajar secara utuh dan terintegrasi pada mata pelajaran-mata pelajaran tertentu dengan bimbingan guru pembimbing di sekolah/lembaga mitra. Dengan kegiatan ini mahasiswa dapat mengasah keterampilannya dan kompetensinya sebagai calon pendidik yang baik. Sebelumnya di bangku perkuliahan didapatkan ilmu sebagai bekal menjadi pendidik yang baik sehingga tujuan dari kegiatan ini adalah mengasah keterampilan mahasiswa dan kompetensinya baik kompetensi kepribadian ,pedagogik, profesional, dan sosial serta dapat mengasah keterampilan mahasiswa dalam mengajar dan melakukan pembelajaran yang baik khususnya pembelajaran Sosiologi. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing ini dilakukan di SMA N 1 Jetis dilakukan sekitar kurang lebih 2 bulan dimulai dari tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Dalam kegiatan PLT ini, terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik kegiatan nonmengajar sekolah. Kegiatan praktik mengajar di kelas berupa praktik langsung mengajar di kelas dengan dibimbing oleh Guru Pembimbing yaitu Ibu Sri Sudewi, S.Sos., M.Pd. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar secara terbimbing dan mandiri.. Pada kesempatan ini praktikan mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas X IPS 2 dan XI IPS 3. Sementara kegiatan praktik persekolahan atau nonmengajar dimaksudkan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar belajar mengajar. Kegiatan ini meliputi piket guru, piket perpustakaan, piket UKS, membantu mengawas pada saat Ulangan Tengah Semester, dan lain sebagainya. Setelah melaksanakan praktik terbimbing sebanyak 4 kali pertemuan di kelas dan kurang lebih 30 kali praktik mandiri serta melakukan kegiatan praktik persekolahan maka didapatkan hasil bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam mengajar pembelajaran sosiologi dalam kelas yang berjalan sesuai dengan RPP. Hambatan yang ada dapat dipecahkan berkat beberapa bantuan dari Guru pembimbing dan Pembimbing Lapangan sehingga kegiatan PLT dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang banyak untuk mahasiswa calon pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, PLT, Praktik Mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Dec 2017 03:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54637

Actions (login required)

View Item View Item