PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2017

Sa’bandi, Thoviub (2017) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peneliti dalam mendorong partisipasi siswa putri pada saat pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun ajaran 2016/2017 di SD Sawit Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Peneliti melakukan penelitian ini dengan tahapan 2 siklus, tahapan siklus 1 tentang pemahaman konsep PTK dan tahapan siklus 2 pemahaman konsep gender. Objek penelitian adalah peneliti sendiri yang bertindak sebagai guru olahraga. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh protokol catatan harian peneliti sebagai alat untuk mengumpulkan data. Data diperoleh dari belajar mandiri yang dilakukan oleh peneliti dengan cara membaca buku, googling, diskusi dengan teman sejawat dan bertanya ahli. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, teknik yang digunakan dalam analisis data adalah analisis dokumen pribadi dengan tahapan: (1) coding, (2) kategorisasi coding, (3) perumusan tema. Selanjutnya data hasil analisis disajikan secara kualitatif dalam bentuk uraian yang bermakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti mengalami peningkatan pengetahuan dan kemampuan berupa: (1) meningkatnya pemahaman konsep PTK pada siklus 1, dan (2) meningkatnya pemahaman konsep gender, diketahuinya akar permasalahan yang menyebabkan rendahnya partisipasi siswa putri dan meningkatnnya pengetahuan cara mengajar yang mampu mendorong partisipasi siswa putri pada saat pembelajaran pendidikan jasmani, ke-tiga peningkatan tersebut merupakan hasil tindakan pada siklus 2. Peneliti meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dengan cara bertanya ahli, membaca buku, googling dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya partisipasi siswa putri disebabkan karena ketidakmampuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran berbasis adil gender. Untuk mewujudkan pembelajaran yang berbasis adil gender peneliti harus berpedoman pada konsep: Pemahaman Arti Olahraga, Perkembangan Anak, Kesetaraan Peran, Keterlibatan, Larangan Diskriminasi, Beban Kerja, Keseragaman Pakaian, Tafakur, Nilai-nilai Sosial Olahraga, dan Sejarah Olahraga.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Partisipasi, Gender, kualitatif
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:28
Last Modified: 30 Jan 2019 15:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54616

Actions (login required)

View Item View Item