LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Febri Nugroho, Febri Nugroho (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Febri Nugroho (14601241006).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan kuliah praktik yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar mahasiswa prodi kependidikan. Tujuan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah memberikan pengalaman mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan-permasalahan sekolah terkait pengelolaan proses pembelajaran maupun kegiatan nonmengajar, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, serta memberikan bekal mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai pendidik atau tenaga kependidikan yang profesional, memiliki pengetahuan, nilai, sikap, serta keterampilan yang diperlukan dalam profesinya. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) meliputi kegiatan pra Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) melalui observasi. Selain itu, mahasiswa juga menempuh pembekalan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam melaksanakan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di sekolah agar pelaksanaannya terarah. Adapun fokus Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah mengajar terbimbing dan mengajar mandiri. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan di SMP N 1 Sewon di Jl. Parangtritis KM. 7, Timbulharjo Sewon Bantul Yogyakarta dan berlangsung dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan yang dilakukan praktikan pada PLT kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Olahraga VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, IX A. IX B, IX C, IX D. Rancangan kegiatan PLT terdiri dari persiapan PLT, pelaksanaan PLT, dan penyusunan laporan. Adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas memberikan kelancaran terlaksananya program tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini akhirnya dilaksanakan secara terpadu yang saling mendukung satu sama lain untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54585

Actions (login required)

View Item View Item