LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Fany Ratnawati Podomi, Fany Ratnawati Podomi (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fany Ratnawati Podomi (14202241005).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan program lanjutan yang harus ditempuh oleh mahasiswa yang menempuh jurusan kependidikan setelah mengikuti kelas micro-teaching. PLT merupakan praktek mengajar langsung di lapangan dengan bimbingan langsung oleh guru mata pelajaran. Mulai dari pembelajaran sampai pembuatan media pembelajaran semua diarahkan oleh guru pamong mata pelajaran. Hal ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman secara langsung mengajar siswa serta mengembangkan potensi yang dimiliki agar menjadi pendidik yang professional. Disamping itu, dengan diselenggarakannya PLT, mahasiswa dapat menjajal atau memahami kehidupan di lingkungan sekolah. Sebagai contoh, sebagai seorang pendidik duru tidak hanya bertanggungjawab pada kegiatan belajar mengajar namun juga ikut terlibat dalam MGMP yang biasa dilaksanakan dalam satu lingkup daerah (se-kabupaten) atau mengenai keberadaan open class yang diadakan sebagai acuan sekolah model. Melalui kegiatan PLT ini, mahasiswa diharapkan dapat membentuk jati diri sebagai seorang pendidik yang professional nantinya dengan pengalaman yang telah didapat di PLT ini. Program Lapangan Terbimbing ini dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 di SMP N 1 Sewon. Mahasiswa dibekali berbagai persiapan sebelum diterjunkan untuk melaksanakan PLT. Berbagai persiapan tersebut diantaranya EIT, microteaching, pembekalan PLT, dan observasi. Di lapangan, mahasiswa mengampu pelajaran Bahasa Inggris kelas 8 sebanyak 4 kelas, yaitu kelas VIII A, C, D dan F serta juga ada pendampingan dan juga mengganti mengajar masuk kelas dikarenakan guru sedang tidak masuk. Proses pembelajaran dilakukan menggunakan metode scientific approach sesuai dengan kurikulum 2013 yang menuntut siswa aktif dan berfikir kritis di kelas. Kegiatan PLT selama 2 bulan ini berjalan dengan baik dan lancar, tanpa suatu hambatan yang berarti. Kelancaran dalam proses pelaksanaan PLT UNY 2017 ini tak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara berbagai pihak, khususnya guru pembimbing, mahasiswa serta peserta didik SMP Negeri 1 Sewon.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PLT, SMP N 1 Sewon Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54584

Actions (login required)

View Item View Item