Mahasiswa, PLT, Mengajar

Evangelia Tuko, Evangelia Tuko (2017) Mahasiswa, PLT, Mengajar. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
EVANGELIA TUKO PEND GEOGRAFI 14405241032.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi pendidikan. Kegiatan PLT di SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL ini dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Tujuan dari kegiatan PLT ini adalah memberikan pengalaman secara individu kepada mahasiswa mengenai proses pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan dalam ilmu kependidikan. Mahasiswa dalam pelaksanaan PLT melalui beberapa tahap yaitu pertama observasi sekolah dengan melihat secara langsung kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masing-masing. Kemudian dilaksanakan Praktik Pembelajaran Mikro yaitu kegiatan mengajar di kampus bersama dosen mikro dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktik mengajar di sekolah. Setelah dilakukan persiapan dilakukan praktik mengajar di sekolah mulai tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan mengajar dilakukan di kelas XIIS 2, XI IPS 2 dan XI IPS 3 sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Dalam praktik mengajar ini dilakukan berbagai persiapan mulai dari tahap persiapan seperti penyusunan matrik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Evaluasi. Hasil kegiatan PLT memberikan cukup pengalaman bagi praktikan untuk mengajar. Pelaksanaan PLT dirasa dapat memberikan bekal pada mahasiswa mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instansi. Hal penting yang harus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, PLT, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2017 01:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54574

Actions (login required)

View Item View Item