LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Dini Yulia Cahya, Dini Yulia Cahya (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DINI YULIA CAHYA PEND GEOGRAFI 14405241004.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi pendidikan. Kegiatan PLT di SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL ini dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Tujuan dari kegiatan PLT ini adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai proses pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan maupun kependidikan. Mahasiswa dalam pelaksanaan PLT melalui beberapa tahap yaitu pertama observasi ke sekolah dengan melihat secara langsung KBM yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masing-masing. Kemudian dilaksanakan PLT I yaitu kegiatan mengajar di kampus bersama dosen mikro dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktek mengajar di sekolah. Setelah dilakukan persiapan dilakukan praktek mengajar di sekolah mulai tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan mengajar dilakukan di kelas X IIS 1 dan XI IPS 1 sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Dalam praktek mengajar ini dilakukan berbagai persiapan mulai dari tahap persiapan seperti penyusunan matrik , Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Silabus, dan Evaluasi. Hasil kegiatan PLT memberikan cukup pengalaman bagi praktikan untuk mengajar. Pelaksanaan PLT dirasa dapat memberikan bekal pada mahasiswa mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instansi. Hal penting yang harus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, PLT, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Dec 2017 01:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54573

Actions (login required)

View Item View Item