LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Dwi Sari Fatimah, Dwi Sari Fatimah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PLT_DWI SARI FATIMAH_PTI_14520241024.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan mahasiswa program studi kependidikan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai sarana/wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional yang siap memasuki dunia pendidikan dengan berbagai keilmuan dan pengalaman yang di dapatkan ketika mengajar di lapangan. Pengetahuan dan ketrampilann diberikan untuk mahasiswa sebagai bekal dalam menghadapi dunia kerja di bidang pendidikan secara khusus dan dunia kerja secara umum. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PLT pada semester ini adalah di lingkungan sekolah, yaitu SMK Negeri 1 Bantul. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bantul yang beralamatkan di Jl. Parangtritis Km 11,5, Sabdodadi,Bantul,Yogyakarta. Kegiatan PLT dilaksanakan selama ± 2 bulan dimualai tanggal 15 September 2017 sampai dengan tanggal 15 November 2017 dan dilaksanakan pada hari senin hingga sabtu. Dalam kegiatan PLT, mahasiswa melakukan kegiatan mengajar terbimbing minimal 4 kali dan mengajar tidak terbimbing minimal 4 kali. Metode yang digunakan dalam mengajar beragam tergantung keperluan, seperti metode diskusi, ceramah, tanya jawab, discovery learning, dll. Mata pelajaran yang diampu adalah mata pelajaran Pengolahan Citra Digital untuk kelas XII Multimedia, dengan tatap muka sebanyak 4 kali seminggu dan setiap minggunya praktikan mengajar selama 16 jam pelajaran. Secara umum, program-program PLT yang telah di rencanakan terlaksana dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa hambatan. Adapun hambatan yang muncul lebih karena pengkondisian yang kurang maksimal dan pengalokasian waktu yang kurang tepat. Tetapi praktikan selalu berusaha untuk meminimalisir hambatan yang terjadi, sehingga program PLT dapat terlaksana dengan baik. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, praktikan telah melaksanakan pembuatan rencana pembelajaran sebanyak 11 RPP, melakukan kegiatan praktik mengajar sebanyak 22 kali pertemuan dan melaksanakan evaluasi belajar sebanyak 2x untuk mata pelajaran yang di ampu. Dalam melaksanakan praktik mengajar metode yang digunakan yaitu menggunakan ceramah, demonstrasi, tanya jawab, penugasan kelompok maupun individu serta presentasi peserta didik di depan kelas. Melalui kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing ini, praktikan mendapat banyak manfaat seperti bertambahnya pengalaman, ilmu pengetahuan , dan wawasan mengenai proses pembelajaran di sekolah dan bentuk interaksi antar warga sekolah. Praktikan mendapat bekal pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia pendidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana dan waktu sangat mendukung terlaksananya program PLT ini. Untuk pelaksanaan PLT periode yang akan datang ada baiknya jika anatara pihak sekolah dan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama agar dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMK Negeri 1 Bantul, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2017 07:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54536

Actions (login required)

View Item View Item