Isnawati Ramadhani, Isnawati Ramadhani LAPORAN PLT. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
ISNAWATI RAMADHANI_14103241004.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) / Magang III Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita telah dilaksanakan oleh mahasiswa selama 2 bulan yaitu pada tanggal 15 Sepetember 2017 sampai dengan 15 November 2017. Kelompok PLT di lokasi ini terdiri dari 8 mahasiswa yang semuanya berasal dari program pendidikan luar biasa. Selama kegiatan PLT / Magang III, mahasiwa melakukan praktik mengajar terbimbing dengan satu siswa disatu kelas sebanyak 6 kali pertemuan. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan diawali dari Pembuatan Program dengan melakukan Observasi dan Penyusunan Matrik PLT . Serta dilanjutkan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yaitu (1). Persiapan mengajar yang meluputi konsultasi , mengumpulkan materi, membuat RPP,dan Menyiapkan/membuat media. (2). Pelaksanaan mengajar terbimbing yang meliputi Praktik mengajar dikelas serta Penilaian & Evaluasi. Dalam pelaksanaan mengajar harus disertai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan oleh sekolah. Kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum 2013. Selama PLT / Magang III, terdapat beberapa kemajuan yang dialami siswa setelah mahasiswa melakukan praktik mengajar terbimbing terutama perkembangan dalam perilaku anak. Selain itu, karena subyek yang digunakan dalam praktek mengajar merupakan siswa autis pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) maka banyak hal selain kegiatan akademik yang diberikan, namun juga lebih ditekankan pada kegiatan non-akademik yang ada di sekolah yang dilakukan rutin selama seminggu di sela-sela jam belajar disekolah tersebut. Seperti Kegiatan Upacara Bendera, Literasi, Senam Pagi , Kegiatan Vokasional Telur Asin , Membatik, Karawitan,Pramuka,Cooking Class ,Melukis, Menari, Menyanyi, Ketrampilan (hand skill), Berenang, Olahraga , jumat bersih (kerja bakti). Selain itu mahasiswa juga memperoleh kesempatan untuk mendampingi siswa-siswa dalam kegiatan insidental disekolah yaitu Pendampingan Persami dan Kegiatan Charity. Program kerja non –mengajar yang dilakukan di Sekolah Autis Bina Anggita antara lain : Pembuatan Senam Pagi, Administrasi Kelas, Inventaris Kelas, Inventaris Buku, Pembuatan Buku Mengenal Bina Anggita, Pengadaan Foto Kepala Sekolah, Pengadaan Kata Mutiara, dan Pembuatan foto Kegiatan. Dalam pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) / Magang III ini sangat memberikan manfaat bagi mahasiswa pada khususnya, dikarenakan mahasiswa mendapat pengalaman baru untuk mendidik dan memberikan pembelajaran secara langsung kepada anak berkebutuhan khusus.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktek Lapangan Terbimbing, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Siswa |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 27 Dec 2017 01:44 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |