LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Reni Dwi Listyaningrum, Reni Dwi Listyaningrum (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Reni Dwi Listyaningrum-14207241008-Pendidikan Seni Kerajinan.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah mata kuliah terintegrasi dengan Magang III. Program ini bertujuan untuk melatih mahasiswa kependidikan atau keguruan mampu mengenali secara langsung empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, yakni pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Program ini merupakan kesempatan untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga ang terkait dengan proses pembelajaran/ layanan dan juga untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penerapan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah atau lembaga. PLT dilaksanakan dalam beberapa tahapan. Dimulai dari observasi yang menjadi titik awal pembuatan program. Setelah menentukan rencana program, mahasiswa PLT melakukan pelaksanaan yaitu mengajar di kelas. Praktik mengajar dilakukan pada 6 rombongan belajar, yaitu XI IPA dan IPS dua kelas dan XII IPA dua kelas. Kurikulum yang diterapkan dalam jenjang kelas tersebut sama, kelas XI dan XII masih menggunakan kurikulum KTSP 2006 atau kurtinem. Kondisi tersebut memberikan pengalaman yang bervariasi dalam melaksanakan pembelajaran. Tentu ini adalah pengalaman yang berharga. Selanjutnya mahasiswa melakukan evaluasi untuk mengukur keberhasilan pembelajaran, yaitu proses mengajar dan pemahaman peserta didik di kelas. Di tahap akhir, mahasiswa melakukan penyelesaian laporan PLT. Selama dua bulan, dimulai sejak 15 September 2017 sampai 15 november 2017 PLT di SMA N1 Piyungan secara keseluruhan terlaksana dengan baik dan lancar. Banyak sekali manfaat dan hal yang didapatkan dari program kegiatan ini. Perangkat pembelajaran, materi, evaluasi, kalender akademik, program tahunan, program semester, pelaksanaan pembelajaran adalah hasil program individu. Selanjutnya secara berkelompok, mahasiswa juga mengetahui tentang kondisi atau kultur sekolah dan berusaha membuat program alternatif untuk mengelola permasalahan dan potensi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT),Keterampilan, SMA N1 Piyungan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Dec 2017 00:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54464

Actions (login required)

View Item View Item