LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Pamungkas Jati Lindhu Aji, Pamungkas Jati Lindhu Aji (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pamungkas Jati Lindhu Aji-14601241076-PJKR.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapngan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta di SMA Negeri 1 Piyungan merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh PP PLT dan PKL LPPMP UNY untuk mahasiswa UNY dawam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat khususnya dunia pendidikan yang lebih baik. Salah satu adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PLT UNY di SMA Negeri 1 Piyungan tahun 2017 ini. Pratik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan mulai tanggal 15 September 2017 sampai tanggal 15 November 2017. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMA Negeri 1 Piyungan. Sebelum mahasiswa diterjunkan dilapangan, ada serangkaian persiapan yang dilakukan guna mendukung terlaksananya program kerja PLT, PLT dilaksanakan dalam beberapa tahapan. Dimulai dari observasi yang menjadi titik awal pembuatan program. Setelah menentukan rencana program, mahasiswa PLT melakukan pelaksanaan yaitu mengajar di kelas. Praktik mengajar dilakukan pada tiga rombongan belajar, yaitu X IPA, X IPS dan XI IPA. Kurikulum yang diterapkan dalam jenjang kelas tersebut juga berbeda, K13 di kelas X dan KTSP di kelas XI. Kondisi tersebut memberikan pengalaman yang bervariasi dalam melaksanakan pembelajaran. Tentu ini adalah pengalaman yang berharga. Selanjutnya mahasiswa melakukan evaluasi untuk mengukur keberhasilan pembelajaran, yaitu proses mengajar dan pemahaman peserta didik di kelas. Di tahap akhir, mahasiswa melakukan penyelesaian laporan PLT. Hasil dan manfaat yang diperoleh dari kegiatan PLT antara lain: (1) menambah pengalaman mahasiswa tentang proses pembelajaran di sekolah, (2) memperoleh pengalaman dalam mengatasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan yang disekolah, (3) memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah, dan (4) kegiatan PLT dapat memberikan kegiatan nyata dari kondisi dan situasi lingkungan yang ada untuk mengahdapi lingkungan kerja di masa mendatang. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan sarana yang paling tepat bagi mahasiswa jurusan kependidikan untuk bisa mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dibangku perkuliahan ke sekolah. PLT yang mempunyai kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran dapat memberikan pengalaman baelajar bagi mahasiswa terutama dalam hal pengalamn mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam pembelajaran, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Selama dua bulan, dimulai sejak 15 September 2017 sampai 15 November 2017 PLT di SMA Negeri 1 Piyungan secara keseluruhan terlaksana dengan baik dan lancar. Banyak sekali hal yang didapatkan dari program kegiatan ini. Perangkat pembelajaran, materi, evaluasi, kalender akademik, program tahunan, program semester, pelaksanaan pembelajaran adalah hasil program individu. Selanjutnya secara berkelompok, mahasiswa juga mengetahui tentang kondisi atau kultur sekolah dan berusaha membuat program aternatif untuk mengelola permasalahan dan potensi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan, Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMA Negeri 1 Piyungan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2017 07:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54460

Actions (login required)

View Item View Item