Devi Anjasari Damayanti, Devi Anjasari Damayanti (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Pendidikan KNH_14401241016_DEVI ANJASARI DAMAYANTI.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta merupakan instansi yang mencetak calon - calon tenaga kependidikan profesional, sehingga diharapkan output yang dihasilkan mempunyai keunggulan baik dari segi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Oleh karena itu mahasiswa Jurusan Kependidikan wajib menempuh Praktik lapangan terbimbing (PLT). Praktik lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk mata kuliah yang bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran. Program PPL ditujukan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Dari pengalaman tersebut diharapkan mampu menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional.Salah satu tempat yang menjadi lokasi PLT UNY 2017 adalah SMA Negeri 1 Pleret yang beralamat di Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Kegitatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September- 15 November. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar , pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat proses pembelajaran di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu membuat satuan program materi pembelajaran yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan PBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan di kelas XI IPA 2, XI IPA 4, XI IPS 2 dan XI IPS 3.dengan mengajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Materi yang diajarkan antara lain, budaya demokrasi menuju masyarakat madani, ciri-ciri masyarakat madani, pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan sesuai dengan silabus mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Selain itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket kegiatan belajar mengajar (KBM), piket diruang piket, piket sidak pintu gerbang, piket perpustakaan dan lain-lain. Berdasarkan program PLT yang dirumuskan, selama kegiatan PLT, praktikan dapat merealisasikan program-program tersebut. hasil dari kegiatan PLT yaitu praktik mengajar sebanyak 50 Jam pelajaran di kelas XI yaitu kelas XI IPA 2, XI IPA 4, XI IPS 2 dan XI IPS 3. Praktikan juga ikut berperan aktif dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket kegiatan belajar mengajar (KBM), piket diruang piket, piket sidak pintu gerbang, piket perpustakaan dan lain-lain. Keberhasilan PLT yang dilakukan praktikan tidak terlepas dari peran praktikan yang didukung oelh pihak sekolah, khususnya guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan (DPL). Oleh kaena itu, harapannya program kegiatan PLT dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLT, Praktik Mengajar |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 22 Dec 2017 03:31 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54432 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |