LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Tri Asna Nafisatun, Tri Asna Nafisatun (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Bahasa Daerah (Jawa)_14205241038_TRI ASNA NAFISATUN.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk mata kuliah yang bertujuan agar para mahasiswa pendidikan memiliki pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang dapat dijadikan bekal sebagai calon tenaga pendidik (guru). Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga pendidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara profesional. Oleh karena itu mata kuliah PLT ini sangat bermanfaat dan membantu mahasiswa dalam memasuki dunia pendidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan sesuai program studi yang diaambil. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PLT UNY 2017 adalah SMA Negeri 1 Pleret yang beralamat di Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September - 15 November 2017. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi dalam beberapa tahap, yaitu tahap persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil belajar. Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat proses pembelajaran di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu membuat satuan program materi pembelajaran yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan PBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan di kelas XI IPA 1, XI IPA 4, XI IPS 1 dan XI IPS 3 dengan mata pelajaran bahasa Jawa. Materi yang diajarkan antara lain unggah-ungguh, geguritan, aksara Jawa, dan tembang campursari, sesuai dengan silabus mata pelajaran bahasa Jawa. Selain itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya, seperti piket perpustakaan, piket diruang piket, sidak pintu gerbang, dan lainnya. Berdasarkan program PLT yang telah dirumuskan, selama kegiatan PLT. Praktikan dapat merealisasikan program-program tersebut. Hal dari kegiatan PLT yaitu praktik mengajar sebanyak 50 jam dikelas XI IPA 1, IPA 4, XI IPS 1 dan IPS 3. serta menggantikan guru pembimbing yang berhalangan hadir dengan mengajar di kelas XII IPA 3 dan X IPA 1. Keberhasilan PPL yang dilakukan praktikan tidak terlepas dari peran praktikan yang didukung oleh pihak sekolah, khususnya guru pembimbing serta dosen pembimbing lapangan (DPL). Oleh karena itu, harapannya program kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Dec 2017 02:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54420

Actions (login required)

View Item View Item