LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Dwiana Rahmawati, Dwiana Rahmawati (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14501241025-DWIANA RAHMAWATI-SMK COKROAMINOTO PANDAK BANTUL.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) memberikan pengalaman nyata secara langsung kepada mahasiswa praktikan tentang proses mengajar di kelas dengan mengalami situasi dan kondisi dalam proses pembelajaran yang sesuai bidang studinya agar mahasiswa dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum terjun ke dunia kependidikan sepenuhnya. PLT memberikan life skill bagi mahasiswa, yaitu pengalaman belajar yang nyata, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. PLT di sekolah bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun manajerial kelembagaan. Selain itu juga memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri serta meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan pihak sekolah. Program PLT dilaksanakan di SMK Cokroaminoto Pandak pada tanggal 15 September sampai 15 November 2017. Program ini adalah PLT kedua yang diadakan di SMK Cokroaminoto Pandak dan mahasiswa praktikan berjumlah 3 orang yang berasal dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Dalam kesempatatan PLT ini praktikan mendapat pengalaman mengajar sebanyak 20 kali yaitu mengajar mata pelajaran Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik, Memasang Instalasi Penerangan Bangunan Bertingkat serta Memasang Instalasi Tenaga Bangunana Bertingkat kelas XI TITL. Selain kegiatan mengajar, praktikan melaksanakan kegiatan piket guru, melatih Lomba Kompetensi Siswa (LKS), merencanakan pengembangan laboratorium listrik dan laboratorium komputer, dan turut serta dalam kegiatan sekolah non mengajar lainnya. PLT yang dilakukan praktikan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan dengan menggunakan media pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilakukan dari mulai awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran, dari awal PLT sampai akhir PLT, serta PLT juga telah dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan dan disepakati antara pihak sekolah dan mahasiswa praktikan. Melalui kegiatan PLT yang dilaksanakan selama dua bulan di SMK Cokroaminoto Pandak, mahasiswa menghadapi berbagai dinamika mengajar khususnya di SMK Swasta. Mahasiswa memperoleh pengalaman nyata mengajar secara langsung di kelas, menentukan metode dan media pembelajaran yang tepat, serta mengetahui perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh seorang guru profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMK Cokroaminoto,UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Dec 2017 06:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54350

Actions (login required)

View Item View Item