LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Muhammad Nur Pangat, Muhammad Nur Pangat (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PTELKA_14502241018_Muhammad_Nur_Pangat.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 kependidikan, yang pelaksanaannya dilakukan disebuah institusi pendidikan dalam hal ini sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PLT) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang profesional. Kegiatan PLT ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan membekali mahasiswa untuk memasuki realita dunia kependidikan dan masyarakat. Sebelum pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), mahasiswa diharuskan mempersiapkan diri dengan baik dari segi mental, fisik, maupun penguasaan materi dengan melakukan kegiatan pra-PLT. Adapun kegiatan pra-PLT yaitu Pembelajaran Mikro, Pembekalan PLT, Observasi Pembelajaran Kelas, Observasi Kondisi Sekolah, dan Persiapan Mengajar. Kegiatan Praktek Lapangan Terbimbing dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul, tepatnya di dusun Serayu, Bantul, Bantul, Bantul. Pelaksanaan kegiatan dimulai pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 dengan kegiatan praktik mengajar maupun nonmengajar. Kegiatan praktik mengajar yaitu Pembuatan RPP, Pembuatan Media Pembelajaran, Pelaksanaan Mengajar, Team Teaching, Evaluasi, Bimbingan dengan GPL ataupun DPL, dan Pembuatan Lembar Kerja Siswa. Kegiatan non- mengajar yaitu Upacara, Pendampingan Ekstrakulikuler, Mid Semester dan Penyusunan Laporan. Pada pelaksanaan kegiatan mengajar, kelas yang diampu adalah X TAV dengan mata pelajaran Elektronika Dasar, Teknik Listrik, Gambar Teknik dan Teknik Pemrograman. Praktik mengajar dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari teeam teaching, praktik mengajar terbimbing, hingga praktek mengajar mandiri. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Pengetahuan mengenai dunia pendidikan khususnya pembelajaran di sekolah bertambah setelah dilaksanakan kegiatan PLT. Keterampilan mengajar, mengatasi permasalahan di kelas menjadi penting pada saat pelaksanaan PLT. Pelaksanaan PLT mampu menghasilkan keluaran calon pendidik yang professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Dec 2017 04:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54336

Actions (login required)

View Item View Item