IDENTIFIKASI RAGAM INTERAKSI KELAS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM KOORDINASI DI SMA N 1 KOTA MUNGKID MAGELANG

Widyastuti, Lutvi (2017) IDENTIFIKASI RAGAM INTERAKSI KELAS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM KOORDINASI DI SMA N 1 KOTA MUNGKID MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam interaksi kelas antara siswa-siswa, siswa-obyek dan siswa-guru yang terjadi pada pembelajaran biologi materi sistem koordinasi di SMA N 1 Kota Mungkid. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode observasi. Populasi dalam penilitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Mungkid Magelang. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIA 2, XI MIA 4, dan XI MIA 5 di SMA N 1 Kota Mungkid. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen interaksi siswa-siswa,siswa-obyek dan siswa-guru. Teknik analisis data menggunakan analisis dengan pendekatan kuantitif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran biologi materi sistem koordinasi aspek yang dominan muncul, untuk interaksi siswa-siswa yaitu aspek komunikasi dan partisipasi, interaksi siswa-obyek yaitu subaspek fungsi atensi dan interaksi siswa-guru yaitu aspek aktivitas siswa. Berdasarkan ketiga ragam interaksi yang terjadi di dalam kelas, interaksi yang dominan muncul adalah interaksi siswa-obyek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: identifikasi, ragam interaksi kelas, pembelajaran biologi, sistem koordinasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:52
Last Modified: 30 Jan 2019 15:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54289

Actions (login required)

View Item View Item