Pengembangan Alat Peraga Perkalian Berbasis Montessori untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Mandiri Siswa Kelas II SD.

Puspaningrum, Agnes Arinjani (2017) Pengembangan Alat Peraga Perkalian Berbasis Montessori untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Mandiri Siswa Kelas II SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agnes-arinjani-puspaningrum-15712251045.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan alat peraga perkalian berbasis Montessori yang layak, dan (2) mengetahui keefektifan alat peraga perkalian berbasis Montessori untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian dan karakter mandiri siswa kelas II SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitan dan pengembangan mengadaptasi prosedur penelitian dan pengembangan milik Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: (1) pengumpulan informasi; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan Produk Awal; (4) Uji Coba Lapangan Tahap Awal; (5) Revisi Produk; (6) Uji Coba Lapangan Utama; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Operasional; (9) Revisi Produk Akhir; (10) Diseminasi dan Implementasi. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa SD N2 Padokan. Pengempulan data dilakukan melalui wawancara, tes, observasi dan angket. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, respon guru dan respon siswa. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini berupa alat peraga perkalian berbasis Montessori yang layak untuk digunakan berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba di sekolah. Hasil validasi oleh ahli materi mendapat kategori “sangat baik” dengan skor 10, hasil validasi oleh ahli media mendapat kategori “sangat baik” dengan skor 12, respon guru mendapat kategori “sangat baik” dengan skor 7 dan respon siswa mendapat kategori “sangat baik” dengan skor 62. Alat peraga perkalian berbasis Montessori juga efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan karakter mandiri. Hasil uji coba operasional menunjukan signifikasi 0,013<0,05 untuk pemahaman konsep dan signifikasi 0,000<0,05 untuk karakter mandiri. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan alat peraga perkalian berbasis Montessori dan siswa yang tidak menggunakan alat peraga perkalian berbasis Montessori dalam peningkatan pemahaman konsep dan karakter mandirinya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: alat peraga perkalian, montessori, pemahaman konsep, karakter mandiri.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Dec 2017 06:42
Last Modified: 09 May 2019 08:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54254

Actions (login required)

View Item View Item