Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Web Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku bagi Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.

Karohmawati, Indah (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Web Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku bagi Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-indah-karohmawati-12712251017.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis web yang layak pada pembelajaran tematik-integratif subtema keberagaman budaya bangsaku bagi kelas IV sekolah dasar, dan (2) mengetahui keefektifan produk multimedia pembelajaran berbasis web yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokan atas empat prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) ekplorasi, (b) pengembangan produk awal, (c) uji coba produk awal dan revisi, (d) produk akhir. Subjek uji coba terbatas adalah enam peserta didik kelas IV SD Negeri Serayu Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan adalah 12 siswa kelas IV SD Negeri Serayu Yogyakarta. Subjek uji coba operasional terdiri dari 46 peserta didik kelas IV SD Negeri Serayu Yogyakarta. Subjek uji coba operasional pada kelas eksperimen terdiri dari 22 peserta didik kelas IV A SD Negeri Serayu Yogyakarta dan pada kelas kontrol terdiri 24 peserta didik kelas IV B SD Negeri Serayu Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian produk multimedia pembelajaran, tes, dan angket respon produk. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0, 05. Hasil penelitian ini berupa software multimedia pembelajaran berbasis web pada pembelajaran tematik-integratif pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku yang menurut ahli materi dan ahli multimedia pembelajaran layak bagi peserta didik kelas IV sekolah dasar. Multimedia pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar. Hal ini ditunjukKan oleh tercapainya ketuntasan belajar peserta didik yaitu nilai seluruh peserta didik di atas KKM sebesar 70,0. Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil tes kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah menggunakan multimedia pembelajaran lectora.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran lectora, tematik-integratif, web
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Dec 2017 06:28
Last Modified: 09 May 2019 08:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54252

Actions (login required)

View Item View Item