EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL BRAIN BASED LEARNING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA

Abrianti, Novice Ayu and Setyaningrum, Wahyu (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL BRAIN BASED LEARNING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 .pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text
cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
pendahuluan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan Saintifik model Brain Based Learning dan pembelajaran matematika dengan pendekatan Saintifik model Cooperative Learning ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan metakognisi siswa kelas X SMAN 2 Yogyakarta, serta untuk mengetahui apakah pendekatan Saintifik model Brain Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan Saintifik model Cooperative Learning ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan metakognisi siswa kelas XI SMAN 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Pretest Posttest Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Yogyakarta dengan sampel penelitian berjumlah 59 siswa yang dipilih secara acak sederhana (simple random sampling) yaitu kelas XI PMIIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI PMIIA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar, tes kemampuan metakognisi siswa, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Validitas instrumen menggunakan validitas isi oleh para ahli, yaitu tiga dosen pendidikan matematika UNY. Statistik uji dilakukan dengan menggunakan uji Hotelling’s Trace. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan pendekatan Saintifik model Brain Based Learning efektif secara simultan ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan metakognisi siswa kelas XI SMAN 2 Yogyakarta, 2) pembelajaran matematika dengan pendekatan Saintifik model Cooperative Learning tidak efektif secara simultan ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan metakognisi siswa kelas XI SMAN 2 Yogyakarta, dan 3) pembelajaran matematika dengan pendekatan Saintifik model Brain Based Learning lebih efektif secara simultan dibandingkan dengan pembelajaran matematika dengan pendekatan Saintifik model Cooperative Learning ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan metakognisi siswa kelas XI SMAN 2 Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning, Prestasi belajar, Kemampuan metakognisi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 28 Nov 2017 02:51
Last Modified: 27 Jun 2022 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53988

Actions (login required)

View Item View Item