Pengembangan Suplemen Bahan Ajar “Membaca Ekstensif” untuk Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Al Ma’Had An- Nur Bantul

Nurmalia, Mia Midianti (2017) Pengembangan Suplemen Bahan Ajar “Membaca Ekstensif” untuk Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Al Ma’Had An- Nur Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mia-midianti-nurmalia-14716251018.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suplemen bahan ajar “membaca ekstensif” dan untuk menguji kelayakan dari bahan ajar tersebut guna mendukung proses pembelajaran siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Al Ma‟Had An-Nur Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan materi membaca ini melalui beberapa tahapan, yaitu analisis kebutuhan, rancangan silabus, pengembangan produk, validasi produk, revisi produk, uji coba, dan pengembangan produk akhir. Responden yang terlibat dalam penilitian ini termasuk 28 siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Al Ma‟Had An-Nur Bantul untuk analisis kebutuhan dan uji coba, seorang ahli materi pembelajaran bahasa Inggris, dan seorang ahli desain grafis. Instrumen pengumpulan data terdiri dari acuan wawancara, lembar validasi untuk ahli, dan kuesioner untuk siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, penelitian ini menghasilkan seperangkat suplemen bahan ajar “membaca ekstensif” yang terdiri dari enam bab. Tiap bab terdiri dari tiga bagian seperti pengenalan bahan ajar, teks, dan soal/aktivitas. Kedua, hasil dari validasi bahan ajar oleh ahli bahan ajar dan desain grafis, uji coba oleh siswa kelas XI, dan tanggapan dari guru Bahasa Inggris menunjukkan bahwa suplemen bahan ajar “membaca ekstensif” mendapatkan nilai rata-rata “baik” dalam rentang 3.66 hingga 4.40 pada skala 0 hingga 5.00. Maka dari itu, suplemen bahan ajar “membaca ekstensif” ini dianggap layak untuk diterapkan di kelas Bahasa Inggris

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: membaca, membaca ekstensif, suplemen bahan ajar
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Nov 2017 05:06
Last Modified: 09 May 2019 08:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53981

Actions (login required)

View Item View Item