Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kolaboratif terhadap Keterampilan Bermain Musik Rinding Gumbeng dan Apresiasi Musik Siswa SMK Negeri 2 Wonosari Gunungkidul

Dewi, Vivi Ervina (2017) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kolaboratif terhadap Keterampilan Bermain Musik Rinding Gumbeng dan Apresiasi Musik Siswa SMK Negeri 2 Wonosari Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-vivi-ervina-dewi-15724251034.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan bermain musik rinding gumbeng dan apresiasi musik antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kolaboratif dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran personal di SMK Negeri 2 Wonosari Gunungkidul. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Wonosari Gunungkidul. Sampel penelitian yaitu 63 siswa yang terdiri dari 32 siswa pada kelompok eksperimen dan 31 siswa pada kelompok kontrol. Penentuan sampel menggunakan teknik a simple random sampling, sedangkan penentuan ukuran sampel menggunakan teknik Slovin. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik tes dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes keterampilan bermain musik dan angket apresiasi musik. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Validitas isi menggunakan indeks validitas Aiken V, sedangkan validitas konstruk menggunakan analisis faktor. Reliabilitas instrumen pada penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach dan inter-rater reliability dengan teknik Cohen’s Kappa. Data penelitian dianalisis secara multivariat menggunakan uji Manova. Adapun uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas multivariat menggunakan uji jarak Mahalanobis dan uji homogenitas multivariat menggunakan uji Box’s M. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan bermain musik rinding gumbeng dan apresiasi musik antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kolaboratif dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran personal di SMK Negeri 2 Wonosari Gunungkidul. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji beda multivariat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada saat posttest yaitu diperoleh nilai signifikansi pada kolom Hotteling’s Trace sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut menunjukkan < 0,05. Hal lain juga dibuktikan dari skor rata-rata keterampilan bermain musik rinding gumbeng dan apresiasi musik kelompok eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol pada saat posttest. Dengan demikian, terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kolaboratif terhadap keterampilan bermain musik rinding gumbeng dan apresiasi musik siswa SMK Negeri 2 Wonosari Gunungkidul

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kolaboratif, rinding gumbeng, keterampilan bermain musik, apresiasi musik
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Nov 2017 04:36
Last Modified: 09 May 2019 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53934

Actions (login required)

View Item View Item