Pengembangan Media Game Edukatif pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas VI SD Negeri Kenaran 2 Kabupaten Sleman

Gantari, Riska (2017) Pengembangan Media Game Edukatif pada Materi Tata Surya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas VI SD Negeri Kenaran 2 Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riska-gantari-15712259032.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan media game edukatif, dan (2) mengetahui keefektifan media game edukatif yang dihasilkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa kelas VI SD Negeri Kenaran 2 Kabupaten Sleman. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang meliputi sembilan langkah, yaitu. (1) pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk, (8) uji coba lapangan operasional, dan (9) revisi produk akhir.Subjek uji coba lapangan awal adalah tiga siswa dan seorang guru di SD Negeri Bokoharjo. Subjek Ujicoba lapangan utama adalah sembilan siswa dan seorang guru di SD Negeri Bokoharjo. Subjek uji coba lapangan operasional yaitu 21 siswa dan seorang guru dari SD Negeri Kenaran 2 sebagai kelas kontrol dan 23 siswa dan seorang guru dari SD Negeri Kenaran 2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar penilaian produk, pedoman observasi keaktifan siswa, skala motivasi belajar, skala respon guru dan skala respon siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Media game edukatif layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa. Kelayakan media game edukatif dapat dilihat dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media dengan kategori “sangat baik”. Tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan media game edukatif menunjukkan bahwa game edukatif membantu dalam proses pembelajaran. (2) Media game edukatif yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa kelas VI SD Negeri Kenaran 2 Kabupaten Sleman. Keefektifan tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata motivasi belajar dan keaktifan siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada skor rata-rata kelas kontrol, dan dari perbedaan signifikansi skor motivasi belajar dan keaktifan siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media game edukatif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media, game edukatif, keaktifan, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2017 03:00
Last Modified: 09 May 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53868

Actions (login required)

View Item View Item