Ideologi Pendidikan Nasional dan Implementasinya pada Kebijakan Pengembangan Kultur Sekolah di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Purwastuti, Lusila Andriani (2017) Ideologi Pendidikan Nasional dan Implementasinya pada Kebijakan Pengembangan Kultur Sekolah di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Yogyakarta. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-lusila andriani purwastuti-12703261009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan Ideologi Pendidikan Nasional dan Implementasinya pada Kebijakan Pengembangan Kultur Sekolah di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Yogyakarta; (2) merefleksikan hasilnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini etnografi. Subjek penelitian, yaitu warga sekolah. Teknik snowball digunakan untuk menentukan informan. Objek penelitian yaitu Implementasi Ideologi Pendidikan Nasional (Pancasila) pada kebijakan pengembangan kultur sekolah. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan alat bantu kamera, video, catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis etnografis Spradley. Keabsahan data dengan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ideologi Pancasila diinterpretasikan sebagai ideologi terbuka. Interpretasi masih bersifat partial; (2) kultur sekolah di SMA Negeri 1 Yogyakarta merupakan kontekstualisasi dan implementasi nilai-nilai Pancasila yang termanivertasi pada: konseptualisasi verbal; perilaku; simbolisasi visual/verbal; (3) kebijakan pengembangan kultur sekolah meliputi: moral-keagamaan, sosial-budaya, akademik/intelektual, lingkungan/managemen/leadership; (4) kultur sekolah SMA Negeri 1 merupakan keseimbangan antara nilai keagamaan, nilai moral, dan intelektual. Kedisiplinan merupakan nilai yang menonjol; Kultur SMA Negeri 3 Yogyakarta yaitu budi pekerti luhur. Nilai yang menonjol demokratis-egaliter. Kedua sekolah memiliki kultur adibrata (sekolah unggul); (5) hasil refleksi, (a) kultur sekolah memiliki lima fungsi yaitu sebagai: historisitas sekolah, pendidikan kearifan lokal, pendidikan karakter, etika pendidikan, dan branded sekolah; (b) sekolah yang berkultur Adi Brata akan menguntungkan; (c) model pengembangan kultur yang ditawarkan yaitu model dialektik kultur SMA Negeri 1 Yogyakarta yang agamis, keseimbangan antara keagmaan-moral-intelektual dengan kultur SMA Negeri 3 Yogyakarta yang berbudi pekerti luhur, demokratis-egaliter, kekeluargaan, keceriaan untuk terwujudnya nasionalitas Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: ideologi pendidikan nasional, kebijakan, pengembangan kultur sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Nov 2017 03:04
Last Modified: 28 May 2021 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53760

Actions (login required)

View Item View Item