PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMP

Ichsani Putri, Muthia (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbatuan Video terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan video terhadap keterampilan berpikir kritis pada peserta didik SMP. Tema yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pemanasan Global. Desain penelitian ini adalah quasi experiment bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII (A,B,C,D,E,dan F) SMP Negeri 2 Gamping. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu VIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIID sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar keterlaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) lembar observasi keterampilan berpikir kritis, (3) soal pretest dan posttest berpikir kritis. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat penelitian berupa uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan program SPSS 16. Uji hipotesis berupa uji Paired T Test, Independent T Test, dan effect size. Hasil penelitian didapatkan uji Paired T Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,025 dan uji Independent T Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,025. Besar perhitungan effect size didapatkan d Cohen = 0,91 termasuk dalam kriteria besar. Sehingga didapatkan hasil penelitian adanya pengaruh yang signifikan pada model problem based learning berbantuan video terhadap keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kritis, model problem based learning berbantuan video
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:06
Last Modified: 30 Jan 2019 15:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53733

Actions (login required)

View Item View Item