Ichsani Putri, Muthia (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.
|
Text
Abstrak.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (388kB) | Preview |
Abstract
Judul dari penelitian ini adalah “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbatuan Video terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan video terhadap keterampilan berpikir kritis pada peserta didik SMP. Tema yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pemanasan Global. Desain penelitian ini adalah quasi experiment bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII (A,B,C,D,E,dan F) SMP Negeri 2 Gamping. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu VIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIID sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar keterlaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) lembar observasi keterampilan berpikir kritis, (3) soal pretest dan posttest berpikir kritis. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat penelitian berupa uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan program SPSS 16. Uji hipotesis berupa uji Paired T Test, Independent T Test, dan effect size. Hasil penelitian didapatkan uji Paired T Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,025 dan uji Independent T Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,025. Besar perhitungan effect size didapatkan d Cohen = 0,91 termasuk dalam kriteria besar. Sehingga didapatkan hasil penelitian adanya pengaruh yang signifikan pada model problem based learning berbantuan video terhadap keterampilan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berpikir kritis, model problem based learning berbantuan video |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 04:06 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53733 |
Actions (login required)
View Item |