PERBEDAAN ANTARA PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH BOROBUDUR

Azizah, Idkha Amatulloh (2017) PERBEDAAN ANTARA PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH BOROBUDUR. S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
TAS Halaman Depan 13416241070.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TAS BAB I 13416241070.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
TAS BAB II 13416241070.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img]
Preview
Text
TAS BAB III13416241070.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text
TAS BAB IV 13416241070.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img]
Preview
Text
TAS BAB V 13416241070.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan Skripsi Idkha 13416241070.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal Idkha Amatulloh Azizah (13416241070).pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah 1) Belum optimalnya hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Borobudur. 2) Metode pembelajaran yang belum melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan metode Student Teams Achievement Division dengan metode Ceramah dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Borobudur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Borobudur. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Uji validitas instrumen dilakukan dengan Expert Judgement kemudian setelah diujicobakan dihitung menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Karl Pearson,Ujicoba reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dilakukan dengan Uji Mann-Withney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Borobudur yang menggunakan metode Student Teams Achievement Division dibandingkan dengan menggunakan metode Ceramah. Perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar diuji menggunakan Uji Mann-Withney dan diperoleh nilai probabilitas (sig) 0,046 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan metode Student Teams Achievement Division dan metode Ceramah pada kelas VIII SMP Muhammadiyah Borobudur. Kata Kunci : Student Teams Achievement Division (STAD), Ceramah, Hasil Belajar, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 01 Nov 2017 00:47
Last Modified: 30 Jan 2019 15:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53706

Actions (login required)

View Item View Item