SAEFUL AJI SUCIPTO, SAEFUL AJI SUCIPTO (2017) KENDALA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH YANG MENERAPKAN PENDIDIKAN INKLUSI SMP NEGERI 2 SEWON. S1 thesis, FIS.
|
Text
1. Awal 12416241066.pdf Download (766kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I 12416241066.pdf Download (169kB) | Preview |
|
![]() |
Text
3. BAB II12416241066.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
|
Text
4. BAB III 12416241066.pdf Download (187kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5. BAB IV 12416241066.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) |
|
|
Text
6. BAB V 12416241066.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
7. Ringkasan 12416241066.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
8. E-Journal 12416241066.pdf Download (556kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui bagaimana guru melaksanakan proses pembelajaran IPS di kelas inklusi SMP Negeri 2 Sewon. Kedua, untuk mengetahui apa saja kendala yang ditemui oleh guru saat melaksanakan proses pembelajaran IPS di kelas inklusi SMP Negeri 2 Sewon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu seluruh guru IPS di SMP Negeri 2 Sewon yang mengajar di kelas inklusi yang berjumlah tiga guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumen. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pada kegiatan pendahuluan guru IPS di kelas inklusi melakukan kegiatan mengkondisikan kelas, memberikan salam, melakukan presensi, memberikan pesan atau motivasi; 2) pada kegiatan inti, materi yang digunakan guru IPS di kelas inklusi tidak membedakan antara siswa normal dengan siswa ABK, guru IPS menggunakan metode ceramah dan diskusi, media yang digunakan adalah papan tulis dan power point, guru IPS melakukan evaluasi dengan memberikan soal serta memerintahkan siswa merangkum materi pembelajaran; 3) pada kegiatan akhir guru menyampaikan kesimpulan, memberikan motivasi kepada seluruh siswa khususnya siswa ABK, serta memberikan salam penutup. Kendala yang ditemui guru dalam proses pembelajaran IPS di kelas inklusi: 1) guru IPS terkendala untuk membuat siswa ABK slow learner memahami materi pembelajaran; 2) guru kesulitan menyesuaikan metode pembelajaran dengan keterbatasan siswa ABK tuna rungu dan slow learner; 3)guru IPS terkendala dalam menyediakan media pembelajaran yang dapat mengakomodasi setiap keterbatasan dari siswa ABK. Kata Kunci: Guru, Proses Pembelajaran IPS, Inklusi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 00:48 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |