Efektivitas Pembelajaran Sejarah Dengan Metode Jigsaw di SMAN 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2015/2016

Tri Novia Sari, Tri Novia Sari (2017) Efektivitas Pembelajaran Sejarah Dengan Metode Jigsaw di SMAN 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan 11406244039.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-Watermark 11406244039.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
BAB II-Watermark 11406244039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img]
Preview
Text
BAB III-Watermark 11406244039.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text
BAB IV-Watermark 11406244039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img]
Preview
Text
BAB V-watermark 11406244039.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan 11406244039.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
e-journal 11406244039.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Suasana belajar yang menyenangkan harus selalu diterapkan pada pembelajaran sejarah. Salah satunya dengan menggunakan metode jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran sejarah dengan metode jigsaw di SMA N 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa dari kelas XI IPS SMA N Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2015/2016, dan sampelnya adalah siswa dari kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan metode jigsaw, dan siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang akan diberikan pembelajaran dengan metode konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes, dan tekhnik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, Teknik analisis data data dengan uji t dan uji effect size. Hasil penelitian ini rerata pre-test kelas control 5,45 sedangkan kelas eksperimen 5,41. Setelah diberi perlakuan post-test kelas kontrol 7,40 dan kelas eksperimen 7,92. =0,05 menunjukkan bahwa capaian skor prestasi belajar sejarah siswa dengan metode jigsaw lebih tinggi daripada metode konvensional, karena thitung ttabel yaitu thitung = 3,299 dan ttabel = 1,669. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran sejarah dengan metode jigsaw lebih tinggi daripada siswa dengan metode konvensional. Kata Kunci: Metode Jigsaw, Efektivitas Jigsaw.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 30 Oct 2017 00:41
Last Modified: 30 Jan 2019 15:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53644

Actions (login required)

View Item View Item