EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII

Herawati, Dian Rizki and Sugiyono, Sugiyono (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img] Text
SKRIPSI DIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan perbandingan efektivitas dari metode penemuan terbimbing dan metode ekspositori pada materi aljabar ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Yogyakarta sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas VIII E sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelompok kontrol yang dipilih secara acak. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan metode penemuan terbimbing dan kelompok kontrol diberikan perlakuan metode ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar matematika siswa dan instrumen non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket kepercayaan diri siswa. Data dianalisis menggunakan one sample t-test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing efektif ditinjau dari kepercayaan diri siswa (2) Metode pembelajaran ekspositori efektif ditinjau dari kepercayaan diri siswa (3) Pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing tidak lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran ekspositori ditinjau dari kepercayaan diri siswa (4) Pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa (5) Metode pembelajaran ekspositori efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa (6) Pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing efektif dibandingkan metode pembelajaran ekspositori ditinjau dari prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Penemuan terbimbing, Metode ekspositori, Kepercayaan diri, Prestasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:51
Last Modified: 30 Jan 2019 15:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53611

Actions (login required)

View Item View Item