EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI PADA SISWA SMTA DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI AISYIYAH YOGYAKARTA

Mira Hariyanti, Mira Hariyanti (2011) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE THERAPY DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI PADA SISWA SMTA DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI AISYIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, uny.

[img]
Preview
Text
yyy.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive therapy dalam meningkatkan konsep diri pada siswa SMTA di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Yogyakarta. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian Pre Experiment dengan one group pre test-post test design. Subyek penelitian ini sebanyak 8 siswa SMTA yang memiliki konsep diri kurang sekali dan sedang di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Yogyakarta. Objek pada penelitian ini adalah konsep diri siswa SMTA di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan skala konsep diri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsep diri yang signifikan. Peningkatan konsep diri pada aspek fisik mengalami kenaikan signifikan setelah treatment dengan p value sebesar 0,011, aspek psikis mengalami peningkatan secara signifikan dengan p value sebesar 0,018, dan aspek sosial mengalami peningkatan yang signifikan setelah treatment dengan p value sebesar 0,039. Berdasarkan hasil analisis pre test-post test tersebut dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive therapy efektif dalam meningkatkan konsep diri pada siswa SMTA di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Yogyakarta. Kata Kunci : konseling kelompok, rational emotive therapy, konsep diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:03
Last Modified: 29 Jan 2019 13:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item