IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DALAM MENGHADAPI PELAKSANAAN KURIKULUM T1NGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA SMA DI KABUPATEN KLATEN

Rininta Budi, Astuti (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DALAM MENGHADAPI PELAKSANAAN KURIKULUM T1NGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA SMA DI KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img] Text
IMPLEMENTASI_PEMBELAJARAN_KIMIA_DALAM_MENGHADAPI_PELAKSANAAN_KURIKULUM_T1NGKAT_SATUAN_PENDIDIKAN.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi pembelajaran kimia berdasarkan KTSP pada SN1A dl Kabupaten Klaten ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian; (2) kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan K"fSP; (3) kendala-kendala vang dihadapi guru kimia SMA di wilayah Kabupaten Klaten dalam men0hadapi pelaksanaan KTSP. 1'enelitian ini merupakan penelitian deskriptif rnenggunakan desain penelitian satu variabel den,,-,,an lima sub variabel. Variabe! penelitian lm adalah implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi KTSP, clan sub variabelnya meliputi: (1) perencamaan KTSP; (2) pelaksanaan KTSP; (s) penilaian/evaluasi KTSP; (d) kesiapan sarana clan prasarana pernbelajaran kirnia pada SMA dl wilavah I{abupaten Klaten; (5) serta kendala-kendala pelaksarlaan KTSP pada SMA di tivilayah Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian lm adalah 31 SMA van,, berada di Kabupaten Klaten. Secara urea prupo.oive .carTZhlity diambil 10 SMA sebagai sarnpei, dengan guru kimia sebagai responden. Data dalam penelitian MI diambii melalui kuesioner clan observas]. Kuesioner diberikan kepada guru r-esponden LIMA diisi. Observasi dilakukan untuk memperkuat data hasil jawaban guru responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat implementasi pembelajaran kirrria dalam merlghadapi KTSP pada SMA dl Kabupaten Klaten adalah sangat tinggi dengan rerata persentase 78,10° o. Hal ini didukung dengan kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran kimia dalam kategori tinggi dengan rerata persentase 66,75%. Dalam mengimplerrrentasikan pembelajaran kimia yang berdasarkan KTSP, masih terdapat kendala-kendala yang dihadapi, balk dalam persiapan, pelaksanaan, maupun penilaian KTSP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Jurusan Kimia
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5357

Actions (login required)

View Item View Item